Garuda Indonesia Luncurkan Rute Baru Balikpapan-Jeddah



Terhitung mulai hari ini, Rabu (2/12/2015), Garuda Indonesia meluncurkan rute penerbangan internasional baru yang menghubungkan antara Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan dan Bandara King Abul Aziz Jeddah di Arab Saudi. Layanan penerbangan itu tidak dioperasikan secara nonstop, melainkan dengan satu pemberhentian di Bandara Kuala Namu Medan untuk pengisian bahan bakar.

Dalam keterangannya, Direktur Teknik dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia Iwan Joeniarto mengatakan bahwa pembukaan rute penerbangan ini untuk mengambil pasar penerbangan umroh dari Balikpapan dan wilayah lain di sekitarnya. “Garuda memperluas jaringan penerbangan di rute internasional, sekaligus memenuhi kebutuhan pengguna jasa khusus di Kalimantan dan sekitarnya, yakni layanan penerbangan langsung ke Jeddah untuk melakukan ibadah umroh dan perjalanan bisnis,” ujarnya.

Penerbangan Balikpapan-Jeddah dan sebaliknya dilayani dengan frekuensi sebanyak tiga kali seminggu menggunakan pesawat Airbus A330-300 berkapasitas 348 kursi kelas ekonomi. “Mengantisipasi peningkatan pasar penerbangan, umroh dan haji khususnya, maka kita merekonfigurasi kabin yang semula 257 kursi dua kelas menjadi 348 kursi. Saat penerbangan akan dilakukan pengisian ulang bahan bakar lebih dulu di Medan,” ungkap Iwan.

Pembukaan rute penerbangan Balikpapan-Jeddah melengkapi beberapa rute penerbangan ke Jeddah yang sudah dioperasikan oleh Garuda Indonesia. Saat ini Garuda Indonesia terbang dari Jakarta ke Jeddah sebanyak 13 kali seminggu, dari Surabaya ke Jeddah empat kali seminggu, serta dari Makssar dan Medan ke Jeddah sebanyak tiga kali seminggu.

Foto: Joe Roland S. Bokau/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

Be the first to comment

Leave a Reply