Garuda Layani Penerbangan Charter ke 10 Kota di Tiongkok



Garuda Indonesia mengatakan bahwa layanan penerbangan charter antara Indonesia dan Tiongkok sangat diminati oleh warga negara Tiongkok yang akan berlibur ke Indonesia. Melihat peluang ini, perusahaan penerbangan nasional Indonesia itu membuka layanan penerbangan charter dari/menuju 10 kota di Tiongkok.

Direktur Operasional Garuda Indonesia Novianto Herupratomo menuturkan, Garuda Indonesia memang sudah mengoperasikan layanan penerbangan reguler ke Tiongkok, seperti Jakarta-Beijing, Jakarta-Shanghai, Jakarta-Guangzhou, Denpasar-Beijing, dan Denpasar-Guangzhou. Pada Januari 2016 Garuda Indonesia juga akan mengoperasikan rute penerbangan Denpasar-Shanghai. Namun, jumlah penerbangan reguler itu masih belum cukup banyak untuk menarik kunjungan wisatawan asal Tiongkok.

Menurut Novianto, penerbangan charter yang khusus menggaet para wisatawan asal Tiongkok dioperasikan dari Bandara Ngurah Rai Denpasar lantaran warga negara Tiongkok sangat gemar berlibur ke Bali. “Di luar penerbangan reguler, Garuda melayani penerbangan charter, khususnya ke Bali. Penerbangan charter kami layani dari sekitar 10 kota di Tiongkok. Airline lain juga melayani penerbangan charter,” ungkap dia.

Heru menambahkan, dalam layanan penerbangan charter dari/ke Tiongkok umumnya berisi warga negara Tiongkok yang berasal dari kalangan menengah ke bawah. Perekonomian di Tiongkok yang terus berkembang memang telah mengantar sekitar 10 juta penduduknya yang bukan berasal dari kalangan atas berlibur ke luar negeri, termasuk salah satunya ke Indonesia. Oleh karena itu, Garuda Indonesia menyiapkan pesawat Airbus A330-300 yang di dalamnya hanya berisi kabin kelas ekonomi untuk melayani penerbangan charter dari Tiongkok ke Indonesia. “Mereka tidak perlu service level tertinggi sehingga semua kursi bisa dibuat kelas ekonomi,” ujar Novianto.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply