Garuda Indonesia Habiskan 1,7 Miliar Avtur Per Tahun



Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia mengaku bisa menghabiskan rata-rata 1,7 miliar liter avtur per tahun untuk operasional pesawat. Angka tersebut dirasa terlalu besar, sehingga Garuda Indonesia ingin menghemat penggunaan avtur, setidaknya berkurang hingga 3 persen per tahun.

“Kita setiap tahunnya penggunaan bahan bakar pesawat mencapai 1,7 miliar liter. Bagaimana ke depannya nanti, menargetkan 3 persen setiap tahun dari penggunaan bahan bakar yang ada. Target hingga 2020,” ungkap Direktur Operasional Garuda Indonesia Novianto Herupratomo.

Novianto menuturkan, besarnya penggunaan bahan bakar juga berdampak pada lingkungan, karena seluruh pesawat membuang gasnya di udara. Meskipun demikian, Novianto tidak memberikan rincian berapa gas buang yang dikeluarkan oleh pesawat-pesawat Garuda Indonesia setiap tahunnya. Dia hanya berharap di masa depan terdapat bahan bakar pesawat yang lebih ramah lingkungan.

Menurut Novianto, memang saat ini sudah ada bahan bakar biofuel yang lebih ramah lingkungan, tapi belum semua maskapai penerbangan menggunakannya. “Bahan bakar ramah lingkungan itu perlu dan harus dilakukan. Tetapi apakah juga efisien bagi pesawat, terutama untuk mesin pesawat. Karena selain menjaga mutu juga menjaga seisi awak pesawat keselamatannya,” tegasnya.

Foto: Tri Setyo Wijanarko/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

Be the first to comment

Leave a Reply