Garuda Indonesia Gunakan Biofuel Mulai Tahun Depan



Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia mengungkapkan komitmennya untuk menggunakan bahan bakar nabati (BBN) atau biofuel mulai tahun depan. “Saya komitmen ada penggunaan biofuel. Dari negosiasi penggunaan avtur di belahan dunia lain. Saya yakin ini baru awal,” kata Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo.

Arif menuturkan, saat ini penggunaan bahan bakar pesawat atau avtur Garuda Indonesia mencapai 1,2 miliar liter per tahun. Jumlah itu melonjak menjadi 2 miliar liter per tahun jika digabungkan dengan anak usahanya yang bergerak di segmen penerbangan berbiaya rendah, Citilink Indonesia. “Dengan ditambah armada Citilink menjadi total 2 miliar liter per tahun. Saya kira ini pertumbuhan yang disinergikan,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan harga biofuel yang kompetitif kepada Garuda Indonesia Group, meskipun dia tidak menyebut secara jelas harga biofuel tersebut. “Pemanfaatan biofuel untuk bahan bakar maskapai penerbangan Garuda Group akan diberikan harga yang kompetitif, serta jasa. Sekarang rasanya sudah,” Kata Dwi.

Foto: Airbus

Be the first to comment

Leave a Reply