Garuda Indonesia Gandeng Pos Indonesia Jadikan Makassar Pusat Cargo Wilayah Timur Indonesia



Maskapai nasional Garuda Indonesia pada hari ini membuka outlet perdana kerjasama layanan kargonya dengan PT Pos Indonesia (Persero) di Makassar, Sulawesi Selatan. Pembukaan outlet tersebut merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kerjasama kedua BUMN yang dilaksanakan pada akhir Desember 2016 lalu untuk memperluas jaringan dan layanan kargo kepada pengguna jasa.

Outlet perdana yang berlokasi di Kantor Pos Indonesia cabang Jl. Slamet Riyadi No. 10, Makassar tersebut diresmikan langsung oleh Direktur Kargo PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Sigit Muhartono serta Kepala Regional 10 PT Pos Indonesia (Persero) Arifin Muchlis, dan siap beroperasi untuk melayani pengiriman kargo mulai hari ini, Jumat (13/1).

Direktur Kargo Garuda Indonesia Sigit Muhartono mengatakan pembukaan gerai Garuda Cargo di Kantor Pos Makassar merupakan implementasi dari peningkatan sinergi kedua BUMN dari kerjasama yang telah dirintis sebelumnya sekaligus sebagai strategi untuk memperluas pasar serta jaringan distribusi dengan menawarkan produk layanan “door-to-door” pengiriman barang melalui kargo.

“Sejalan dengan program pemerintah untuk memperkuat sinergi antar BUMN, kami terus mengembangkan kerjasama dengan PT Pos Indonesia melalui perluasan jaringan serta layanan pengiriman kargo dengan mengoptimalkan kekuatan channel distribusi Garuda Indonesia melalui network penerbangannya yang menjangkau lebih dari 60 port domestik serta Pos Indonesia melalui ribuan kantor cabangnya yang tersebar baik di wilayah kota hingga pelosok Indonesia,” ujarnya.

Sigit menjelaskan, pada tahap awal kerjasama, Garuda Indonesia dan Pos Indonesia menargetkan untuk memulai pembukaan outlet-outlet tersebut di wilayah timur Indonesia, dengan “pilot project” di kota Makassar yang merupakan pintu gerbang utama regional tersebut. Melalui pembukaan outlet-outlet di kawasan timur Indonesia, di samping terus mengoptimalkan pengiriman general cargo, valuable goods, dan dangerous goods, Garuda Indonesia juga dapat mulai memaksimalkan penggarapan salah satu potensi pasar terbesar dari wilayah tersebut, yaitu pengiriman hasil laut.

Hal itu, lanjutnya, sejalan dengan komitmen Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan nasional untuk mendukung program prioritas pemerintah dalam mengembangkan industri maritim nasional, dengan memaksimalkan pengiriman hasil-hasil laut dari wilayah timur Indonesia melalui layanan kargo.

“Selanjutnya, akan dibuka outlet-outlet lain di empat lokasi kantor cabang Pos Indonesia di wilayah Sulawesi Selatan, yaitu Pare-pare, Bone, Palopo, dan Bulukumba. Pembukaan outlet ini diharapkan dapat semakin mendorong pembukaan outlet-outlet Garuda Cargo di berbagai wilayah lain di Indonesia. Melalui kerjasama ini, pada tahap pertama kami menargetkan pembukaan sebanyak 155 outlet yang tersebar di wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua selama tahun 2017,” katanya.

Sementara itu Kepala Regional 10 PT Pos Indonesia (Persero) Arifin Muchlis menyambut baik peresmian outlet perdana kerjasama antara pihaknya dengan maskapai nasional Garuda Indonesia. Ia mengungkapkan, implementasi kerjasama tersebut tidak hanya akan semakin meningkatkan kapasitas layanan kedua BUMN, tetapi juga memberikan nilai tambah bagi pengguna jasa keduanya.

“Pembukaan outlet kerjasama ini tentunya akan semakin memberikan kemudahan kepada pelanggan yang datang ke kantor pos untuk pengiriman-pengiriman yang sebelumnya tidak bisa dilakukan oleh Pos Indonesia, khususnya untuk pengiriman valuable goods, dan dangerous goods. Di samping itu, dengan hadirnya outlet Garuda Cargo di kantor-kantor cabang Pos Indonesia, makan pengiriman kargo dari kota besar ke daerah pedesaan maupun sebaliknya dan bahkan pengiriman kargo antar daerah pelosok secara “door-to-door” kini semakin dimungkinkan,” ujarnya.

Outlet Garuda-Pos melayani penjualan produk layanan Garuda Indonesia Cargo dan pengiriman kargo dari outlet ke bandara dengan menggunakan trucking dari Pos Indonesia. Layanan kerjasama ini mengangkat konsep rural logistik yang memungkinkan pengiriman barang kargo Garuda Indonesia yang selama ini dilayani melalui “port-to-port” untuk dapat dilanjutkan dengan jaringan distribusi Pos Indonesia yang tersebar di hampir sebanyak 4,600 lokasi di Indonesia.

Foto: Garuda Indonesia