Garuda Indonesia Buka Rute Ambon-Kaimana



Komitmen Garuda Indonesia untuk menerbangi destinasi pariwisata semakin terasa. Setelah Danau Toba Sumatera Utara, Labuan Bajo NTT, Wakatobi Sultra, kini giliran Kabupaten Kaimana, Papua Barat, di awal 2017. Rute ini akan membuat akses menuju destinasi wisata bahari yang super keren di timur Indonesia itu semakin terbuka lebar.

General Manager Garuda Indonesia Kantor Cabang Manokwari Sapto Hariadi di Manokwari, mengatakan rute baru ini akan melayani penerbangan Ambon-Kaimana-Manokwari dan Ambon-Kaimana-Nabire. “Pesawat yang akan melayani rute penerbangan ini jenis ATR-600 dengan kapasitas penumpang 70 orang,” kata Sapto.

Dia menjelaskan, pengembangan rute penerbangan maskapai Garuda Indonesia dilakukan sesuai kesiapan atau kondisi bandar udara di setiap daerah. Terkait pembukaan rute Kaimana pihaknya sudah melakukan survei untuk mengetahui visibility serta kelayakan bandara di daerah tersebut.

Menpar Arief Yahya menyambut positif rencana Garuda Indonesia untuk menerbangi wilayah yang kaya akan potensi wisata alam dan bahari itu.

“Salah satu kelemahan di destinasi kita adalan akses udara. Karena negara kepulauan, jembataan udara itu menjadi sesuatu yang sangat vital. 3A juga yang harus diseriusi, yakni airlines, airport, dan authority-nya, untuk saling bersinergi mensupport pengambangan akses Pariwisata,” kata Arief Yahya.

Dia menyebut potensi pariwisata di Kaimana tergolong sangat baik dan layak untuk dipromosikan. Bahkan, termasuk world class level, untuk wisata bahari.

“Wisata Bahari sendiri terdiri atas tiga hal, yakni coastal zone (pantai), under water zone (selam, bawah laut) dan sea zone (antarpulau). Ketiganya punya keunikan. Punya kelebihan, dan punya pasar yang potensial,” ungkap Menpar Arief yang pernah dinobatkan sebagai Marketeer of The Year 2013 oleh MarkPlus itu.

Foto: Joe Roland S Bokau / Indo-Aviation.com