Garuda Indonesia Akan Terbangi Timika-Manado Setiap Hari



Untuk mengantisipasi tingginya lonjakan penumpang yang akan berliburan Natal dan Tahun Baru, maskapai penerbangan Garuda Indonesia berencana membuka penerbangan Timika ke Manado setiap hari.

Seperti diungkapkan Sales & Service Manager Garuda Indonesia Kantor Cabang Timika Novian, rute Timika-Manado akan dilayani menjadi tiap hari itu akan berlaku efektif mulai 9 Desember.

Awalnya, rute Timika-Sorong-Manado dilakukan tiga kali sepekan menggunakan pesawat jenis ATR berkapasitas 96 tempat duduk. ”Meskipun permintaan tiket untuk rute tersebut menjelang liburan Natal dan Tahun Baru meningkat tapi harga tiket masih stabil,” kata Novian, dalam keterangan tertulisnya.

Tiket Timika-Sorong dijual seharga Rp 1,6 juta, sedangkan tiket Timika-Manado dijual seharga Rp 2,5 juta. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan jumlah penumpang angkutan udara pada libur Natal dan Tahun Baru ini mencapai 7,1 juta penumpang.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo mengatakan, untuk mengantisipasi jumlah penumpang tersebut, maskapai penerbangan telah menyiapkan 9,9 juta tempat duduk. Rinciannya, untuk penerbangan domestik tercatat 8,1 juta tempat duduk.

Sedangkan untuk penerbangan internasional telah disiapkan 1,8 juta tempat duduk. ”Untuk libur Natal dan Tahun Baru ini 14 airlines, dengan 498 pesawat. Kapasitas yang disiapkan 8,1 juta penumpang untuk domestik dan 1,8 juta untuk internasional,” ujar dia, kemarin (6/12).

Foto: Joe Roland S Bokau / Indo-Aviation.com