Garuda Indonesia Akan Pensiunkan Boeing 747



Maskapai penerbangan Garuda Indonesia berencana akan mem-phase out atau memensiunkan armada Boeing 747 yang dioperasikannya, dikarenakan usianya yang cukup tua.

“Iya, itu ada dua Boeing 747. Usianya sudah cukup tua, jadi kita sudah ada jadwal untuk phase out. Tapi kita akan replace dengan yang baru-baru juga untuk wide-body (pesawat berbadan lebar), termasuk Airbus A330neo juga akan datang,” ujar Direktur Utama Garuda Indonesia, Arif Wibowo usai membuka ajang Garuda Indonesia Travel Fair 2017 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (10/3) pagi.

Menurut Arif, terdapat armada wide-body yang akan menggantikan peran Boeing 747. “Kita sudah ada armada Airbus A330 sama Triple Seven (Boeing 777). Jadi itu termasuk untuk me-replacement dari 747,” tambah Arif.

Arif juga menyebut, pada tahun ini Garuda Indonesia akan mendatangkan 4 unit pesawat baru, yaitu 3 unit ATR72 dan 1 unit Boeing 737 MAX. Boeing 737 MAX akan datang pada kuartal keempat tahun 2017. Keempat pesawat yang akan memperkuat armada Garuda Indonesia yang akan tiba pada tahun ini, akan digunakan untuk rute domestik dan regional.

“Kalau untuk ATR, digunakan untuk pengembangan rute-rute pengumpan, terutama rute-rute di wilayah timur. Seperti Kaimana, Nabire, dan semua rute di Papua kita koneksikan,” tutup Arif.

Foto: Joe Roland S. Bokau / IndoAviation.co.id

1 Comment

Leave a Reply