Garuda Dapatkan 25-30 Slot Penerbangan di Bandara Pondok Cabe



Garuda Indonesia akan memulai layanan penerbangan di Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, pada Maret 2016. Perusahaan penerbangan plat merah itu berencana melayani rute-rute jarak pendek dari Bandara Pondok Cabe menggunakan pesawat baling-baling ATR 72-600 berkapasitas 70 kursi kelas ekonomi. Bandara Pondok Cabe sendiri merupakan bandara yang dimiliki oleh Pertamina dengan operator Pelita Air Service, anak usaha Pertamina.

Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo mengatakan bahwa saat ini sudah ada delapan kota yang menjadi incaran Garuda Indonesia untuk diterbangi dari Bandara Pondok Cabe. Kota-kota itu tersebar di wilayah Sumatera bagian selatan, Kalimantan bagian selatan, dan Jawa bagian selatan. “Kami rencanakan terbang ke delapan kota dari Pondok Cabe. Kami terbang ke Lubuk Linggau, Samarinda, Pangkalan Bun, Semarang, Palembang, Tanjung Karang, Ketapang, Yogyakarta. Kemudian kami kaji juga ke Cilacap sampai Cepu,” kata dia.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan sinergi antara dua perusahaan BUMN. Dia menegaskan Garuda Indonesia bisa memanfaatkan berbagai fasilitas di Bandara Pondok Cabe yang memiliki luas 160 hektar itu, termasuk menggunakan fasilitas MRO (maintenance, repair, and overhaul) pesawat milik Pelita Air Service.

Dwi menambahkan, saat ini Pertamina sebagai pemilik bandara sedang melakukan pengaspalan ulang terhadap landasan pacu Bandara Pondok Cabe agar benar-benar siap digunakan bagi operasional penerbangan Garuda Indonesia. Menurutnya, Garuda Indonesia akan mendapatkan 25-30 slot penerbangan per hari di Bandara Pondok Cabe untuk melayani penerbangan jarak pendek ke berbagai kota. “Sekarang pengaspalan ulang untuk runway. Kemudian parkir bisa tambung 20 pesawat berbagai tipe. Untuk slot bisa 30 penerbangan per hari. Dengan sinergi lapangan Pondok Cabe, Pertamina dapat tambahan revenue (pendapatan) Rp 40 miliar sampai Rp 50 miliar per tahun,” kata Dwi.

Foto: ATR

Be the first to comment

Leave a Reply