Garuda Alihkan Kredit Jangka Pendek Senilai US$ 6 juta ke Citilink



Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia mengalihkan fasilitas kredit jangka pendeknya sebesar US$ 6 juta kepada Citilink Indonesia, anak perusahaan Garuda Indonesia yang bergerak dalam segmen penerbangan berbiaya rendah.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra mengatakan bahwa Garuda Indonesia dan Citilink Indonesia telah menandatangani kesepakatan pengalihan kredit pada 20 Agustus 2015. “Pengalihan fasilitas kredit jangka pendek ke Citilinkā€Ž sebesar US$ 6 juta ditandai dengan penandatanganan Back to Back antara perseroan bersama Citilink pada 20 Agustus 2015,” ucap dia.

Menurut Ashkara, pengalihan kredit jangka pendek dilakukan karena anak perusahaan Garuda Indonesia itu perlu dana yang besar besar untuk memenuhi kebutuhan operasional. Selain itu, Garuda Indonesia menilai Citilink Indonesia memiliki nilai yang sangat strategis dan penting bagi perusahaan.

Ashkara menambahkan, Citilink merupakan perusahaan yang belum lama beroperasi dan struktur finansialnya belum cukup kokoh. Oleh karena itu, Citilink masih belum memungkinkan mendapat pinjaman langsung dari lembaga perbankan. Sehingga, peluang yang memungkinkan untuk memenuhi fasilitas kredit modal kerja jangka pendek Citilink adalah dengan pengalihan sebagian fasilitas kredit jangka pendek yang dimiliki pemegang saham, yaitu Garuda Indonesia.

Foto: Andika Primasiwi/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

Be the first to comment

Leave a Reply