Garuda akan Terbang dari Pangkalan Bun ke Ketapang dan Semarang



Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia dalam waktu dekat ini akan membuka dua rute penerbangan baru, yaitu Pangkalan Bun-Ketapang dan Pangkalan Bun-Semarang. Rute penerbangan itu akan dioperasikan oleh sub-brand Explore menggunakan pesawat ATR 72-600 berkapasitas 70 kursi kelas ekonomi.

General Manager Garuda Indonesia Branch Office Palangkaraya Muhammad Yunus mengatakan bahwa rute penerbangan Pangkalan Bun-Ketapang akan dilayani setiap hari mulai 15 Desember 2015, sedangkan rute penerbangan Pangkalan Bun-Semarang dioperasikan mulai 20 Desember 2015. Namun, Yunus belum bisa mengungkapkan berapa tarif yang dipatok oleh Garuda Indonesia pada kedua rute baru ini. “Tapi yang jelas cukup terjangkau bagi masyarakat Kalimantan Tengah,” tutur dia.

Menurut Yunus, penerbangan Pangkalan Bun-Semarang dibuka karena memang peminat rute ini cukup tinggi. “Sama halnya dengan Pangkalan Bun-Ketapang dan Pontianak pergerakannya cukup bagus. Artinya, minat masyarakat bepergian sangat tinggi. Karena dari Pontianak pun masyarakat bisa langsung ke semarang. Banyak pekerja perkebunan baik di Kalimantan Tengah maupun Kalimantan Barat yang bepergian ke Pulau jawa, atau sebaliknya ke Pontianak,” ujarnya.

Setelah mengoperasikan rute penerbangan Pangkalan Bun-Ketapang dan Pangkalan Bun-Semarang, kata Yunus, Garuda Indonesia juga sedang mempertimbangkan untuk melayani rute penerbangan Pangkalan Bun-Palangkaraya. “Melihat dari jarak tempuh melalui darat sangat lama dan infrastruktur jalan pun belum memadai, makanya akan ada pertimbangan kesana, sekarang masih terus dieveluasi,” kata Yunus.

Foto: Joe Roland S. Bokau/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

Be the first to comment

Leave a Reply