Garuda Akan Kurangi Biaya Sewa Kamar Hotel Pilot dan Awak Kabin



Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia akan mengambil langkah untuk mencapai target efisiensi biaya non fuel ( selain bahan bakar) sebesar US$ 198 juta sepanjang tahun 2015. Salah satu cara yang diambil adalah dengan mengurangi biaya sewa kamar hotel bagi pilot dan awak kabin.

Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo mengatakan bahwa sepanjang semester pertama 2015 target efisiensi dari biaya non fuel masih jauh dari harapan. Namun, dia optimis target itu akan tercapai pada akhir tahun. “Kendati semester lalu efisiensi non fuel kami masih di bawah 50 persen, kami harap bisa mengejar efisiensi dengan menurunkan biaya jaringan mengingat biaya tersebut adalah biaya upstream. Kalau biaya upstream bisa ditekan, biaya downstream juga bisa mengikuti,” jelas Arif.

Arif mencontohkan, saat ini Garuda Indonesia menyewa kamar hotel yang cukup banyak bagi pilot dan awak kabin selama transit. Hal itu menyebabkan biaya yang dikeluarkan sangat besar dan perlu dilakukan pemangkasan. “Seperti contohnya, di Bali itu kita bisa sampai pesan kamar hotel sampai 120 kamar seharinya. Kalau biaya-biaya semacam ini bisa dibenahi, nanti biaya-biaya operasional lainnya juga bisa mengikuti,” tuturnya.

Foto: Joe Roland S. Bokau/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

Be the first to comment

Leave a Reply