Galang Kekuatan Netizen Viralkan Keselamatan Penerbangan



Menhub mengajak netizen viralkan prestasi Indonesia yang berhasil menaikkan skor audit keselamatam penerbangan ICAO menjadi 81,15%. Foto: Reni Rohmawati

Prestasi penerbangan sipil Indonesia dalam audit keselamatan ICAO (International Civil Aviation Organization) dengan lompatan skor tinggi 81,15 persen terus digaungkan. Kali ini di hadapan sekitar 300 netizen, vlogger, dan blogger, yang aktif di dunia maya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun mengajak netizen atau cyber communities untuk bersama-sama memviralkan prestasi Indonesia itu. “Indonesia memiliki kemampuan untuk bersaing di dunia internasional. Hal ini harus dikampanyekan oleh para netizen sehingga menjadi viral di dunia,” ujarnya pada acara “Indonesia Aviation to The World – Kumpul Bareng Sobat Aviasi” yang digagas Ditjen Pehubungan Udara di Ancol, Jakarta, Ahad (17/12/2017) malam.

Menurut Menhub, dirangkulnya para netizen karena mereka memiliki dampak yang masif. “Netizen ini orang-orang canggih yang bergaul secara internasional. Saya ini orang old dan netizen orang now yang mengerti semuanya. Kita dengan netizen harus bekerja sama untuk kejayaan Indonesia.”

Syarat-syarat keselamatan penerbangan itu sangat tinggi dan Indonesia mampu melompat hingga naik peringkat dari ke-151 ke-55. Kementerian Perhubungan memang memiliki slogan “Selamanya”, yakni “Selamat, Aman, Nyaman”. “Tahun lalu ini hanya jargon; hanya kata-kata yang belum maksimal. Namun sekarang hal ini telah terlaksana dengan baik,” ucap Menhub.

Sebelumnya, Dirjen Perhuhungan Udara Agus Santoso juga menyerukan kepada netizen untuk terus menggelorakan semangat keselamatan penerbangan itu. “Ada yang bertanya, apa yang menjadi program Ditjen Pehubungan Udara ke depan? Pertama, safety, kedua safety, ketiga, safety,” katanya, menekankan pentingnya keselamatan penerbangan itu.

Dirjen pun bertekad terus mempertahankan prestasi dalam menaikkan aspek keselamatan penerbangan dengan mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bekerja sama. Pada kegiatan Kampanye Keselamatan Penerbangan itu memang​ bukan hanya dihadiri oleh netizen, tapi juga stakeholder di bidang transportasi udara, yang mendapat apresiasi dari Menhub dan Dirjen.

Menghadiri kegiatan tersebut, netizen dari berbagai daerah di Indonesia itu terlihat antisias. Beberapa dari mereka mengaku awalnya tak begitu mengenal dunia penerbangan. Namun setelah menjadi “Sobat Aviasi” merasakan ketertarikan dan ingin turut berpartisipasi dalam kampanye keselamatan penerbangan, termasuk memviralkannya di dunia maya.

Be the first to comment

Leave a Reply