FAA Turunkan Peringkat Keselamatan Penerbangan Thailand



Otoritas penerbangan sipil Amerika Serikat, Federal Aviation Administration (FAA), secara resmi menurunkan peringkat keselamatan penerbangan Thailand dari Category 1 menjadi Category 2. Itu artinya, penerbangna di Thailand tidak sesuai dengan standar keselamatan penerbangan yang ditetapkan oleh organisasi penerbangan sipil internasional atau International Civil Aviation Organization (ICAO).

Meskipun demikian, penurunan peringkat ini tidak berpengaruh apa-apa terhadap layanan penerbangan internasional dari dan menuju Thailand karena maskapai penerbangan Thailand tidak ada yang mengoperasikan penerbangan menuju Amerika Serikat. Thai Airways International sendiri sudah sejak lama menutup rute penerbangan antara Bangkok dan Los Angeles lantaran dinilai tidak menguntungkan.

Dengan penurunan peringkat ini, maskapai penerbangan yang berasal dari Thailand tidak diperbolehkan membuka rute penerbangan ke Amerika Serikat. Selain itu, perjanjian kerjasama codeshare antara maskapai penerbangan Thailand dan Amerika Serikat juga akan terkena dampak penurunan peringkat ke Category 2 ini.

Thailand pada tahun 1996 masih masuk ke dalam Category 2 FAA, tapi kemudian mendapatkan peringkat Category 1 pada tahun berikutnya setelah menjalani audit yang kedua. Peninjauan kembali tingkat keselamatan penerbangan Thailand dilakukan pada 2001 dan 2008 dengan hasil Thailand masih berhak masuk ke Category 1. Namun, audit yang dilakukan pada Juni 2015 menemukan fakta bahwa Thailand tidak memenuhi standar keselamatan penerbangan internasional. FAA memberikan waktu kepada Thailand selama 65 hari untuk memperbaikinya, tapi negara itu tidak dapat memenuhi hingga batas waktu yang sudah ditentukan.

Foto: Wikimedia

Be the first to comment

Leave a Reply