EVA Air Beli 24 Boeing 787-10 dan Dua Boeing 777-300ER



Produsen pesawat asal Amerika Serikat, Boeing, dan perusahaan penerbangan asal Taiwan, EVA Air, pada hari ini melakukan finalisasi pesanan yang bersejarah, terdiri dari 24 Boeing 787-10 Dreamliner dan dua Boeing 777-300ER. Pesanan ini bernilai lebih dari US$ 8 miliar berdasarkan pada daftar harga saat ini, menjadikannya pembelian pesawat dengan nilai terbesar dalam industri penerbangan Taiwan.

Presiden EVA Air Austin Cheng mengatakan bahwa EVA Air ikut berpartisipasi dalam pengembangan pesawat Boeing 777-300ER dan menjadi launch customer pada tahun 2005. “Sejak pengiriman pertama hingga sekarang, kami telah mengoperasikan 22 pesawat untuk penerbangan jarak jauh dengan performa tinggi ini,” ujarnya seperti yang tertulis pada rilis yang dikirimkan oleh Boeing.

Menurut Austin Cheng, masa depan industri penerbangan terletak pada efisiensi bahan bakar dan kenyamana kabin pesawat. Oleh karena itu, perusahaan penerbangan yang berbasis di Taipei itu sudi membeli 24 pesawat Boeing 787-10 Dreamliner. “Efisiensi bahan bakar yang tinggi dan kemampuan terbang jarak jauh yang dimiliki oleh Boeing 787-10 Dreamliner memenuhi kriteria dan kebutuhan operasional kami. Pesawat ini akan mendukung pertumbuhan kami di masa depan,” kata Cheng.

Sementara itu, Presiden dan Chief Executive Officer Boeing Commercial Airplanes Ray Conner mengaku bangga EVA Air menjadi maskapai penerbangan terbaru yang bergabung menjadi launch customer pesawat Boeing 787-10 Dreamliner. “Selama bertahun-tahun EVA Air telah menjadi pendorong industri penerbangan. 10 tahun yang lalu, EVA Air adalah launch customer Boeing 777-300ER. Dengan pesanan hari ini, Boeing merasa bangga bisa memainkan peranan penting dalam sejarah industri penerbangan Taiwan karena EVA Air menjadi salah satu dari pelanggan pertama di dunia yang akan mengoperasikan Boeing 787-10,” ujar Conner.

Foto: The Boeing Company

Be the first to comment

Leave a Reply