Enam Maskapai Penerbangan ini Sudah Boleh Bawa Laptop ke Amerika



Foto: Twitter.com/emirates

Enam maskapai penerbangan Timur Tengah dan Afrika Utara yang sebelumnya dilarang menerbangkan laptop yang dibawa penumpangnya dalam penerbangan langsung ke Amerika Serikat, kini sudah dibebaskan dari larangan itu.  Demikian ungkap Department of Homeland Security (DHS) AS, Selasa 11 Juli 2017.

Keenam maskapai penerbangan itu adalah Qatar, Emirates, Turkish, Kuwait Airways, Royal Jordanian, dan Ethihad. Kini penumpang keenam maskapai itu sudah boleh membawa serta laptop dalam penerbangan mereka ke Amerika Serikat.

Sebelumnya pada bulan Maret 2017, DHS memerintahkan sembilan maskapai penerbangan yang terbang ke Amerika dari 10 bandara di luar Amerika untuk melarang penumpangnya membawa perangkat elektronik yang lebih besar dari telepon genggam sebagai bagasi kabin. Perangkat itu harus ditempatkan pada bagasi tercatat.

DHS Secretary, John Kelly, mengatakan bahwa maskapai lain yang masih dalam daftar larangan membawa barang elektronik lebih besar dari telepon genggam bisa saja diizinkan kembali dengan berbagai catatan. Mereka harus memenuhi standar yang telah ditetapkan antara lain memeriksa calon penumpangnya secara lebih ketat, menempatkan dan mempekerjakan anjing pelacak bom, dan memperbaiki standar keamanan mereka. Kelly mengatakan, larangan itu tidak akan diperluas dan dikenakan pada bandara atau maskapai lain di Eropa dan negara lain, selama mereka telah memenuhi standar-standar yang ditetapkan oleh otoritas keamanan Amerika Serikat.

Be the first to comment

Leave a Reply