Empat Maskapai Skyteam Beroperasi dari Terminal 3 Soekarno-Hatta



Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Foto: Fikri.

Dalam waktu dekat, empat maskapai internasional segera beroperasi dari Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Sebelumnya, sejak Senin (10/7), maskapai asal Timur Tengah, Saudi Arabian Airlines, telah terlebih dahulu beroperasi dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

“Dalam waktu dekat, yang beroperasi (di Terminal 3) adalah Vietnam Airlines, Korea Air, Xiamen Airlines, dan China Airlines,” ungkap Senior General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta, M. Suriawan Wakan. Masing-masing maskapai dijadwalkan beroperasi di Terminal 3 mulai 12 Juli untuk Vietnam Airlines, 17 Juli untuk Korea Air, 30 Juli untuk Xiamen Air, sedangkan China Airlines beroperasi pada 8 Agustus 2017.

Wakan menambahkan bahwa seluruh maskapai yang dipindah ke Terminal 3 tersebut merupakan anggota dari aliansi penerbangan Skyteam. Ditargetkan, seluruh penerbangan internasional dari Bandara Soekarno-Hatta akan diterbangkan dari Terminal 3 pada tahun ini. Perpindahan operasional telah dipersiapkan secara matang, termasuk menerapkan common use check-in counter system yang juga sudah diterapkan bandara terbaik di dunia.

Awal pekan kemarin, maskapai Saudi Arabian Airlines resmi beroperasi di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Pesawat perdana Saudi Arabian SV 816 rute Jeddah-Jakarta mendarat di Terminal 3 pada pukul 09.00 WIB, membawa 398 penumpang, yang terdiri dari 28 penumpang bisnis, 365 penumpang ekonomi, dan 21 cabin crew.

Be the first to comment

Leave a Reply