Emirates Beli 40 Boeing 787 Dreamliners



Emirates Boeing 787-10. Foto: Dok. Emirates.

Emirates, kemarin 15 November 2017, mengumumkan komitmen senilai 15,1 miliar dolar Amerika, untuk pembelian 40 pesawat Boeing 787-10 Dreamliners. Pengumuman ini seiring dengan ditandatanganinya perjanjian pembelian antara Emirates dan Boeing di Dubai Airshow 2017 lalu. Perjanjian itu ditandatangai oleh HH Sheikh Ahmed bin Saeed Al Maktoum – Chairman dan Chief Executive Emirates dan Kevin McAllister – CEO Boeing Commercial Airplanes.

Sheikh Ahmed mengatakan, sesuai perjanjian, pesanan 787-10 Emirates akan mulai diterima pada tahun 2022. Beberapa diantaranya akan menjadi pesawat pengganti armada lama, sehingga Emirates bisa mempertahankan armada yang muda dan efisien.

“Kami melihat 787 sebagai pelengkap maskapai 777 dan A380 kami, yang akan menyajikan fleksibilitas lebih untuk melayani berbagai tujuan sambil kami mengembangkan jaringan rute global kami,” kata Sheikh Ahmed.

Pemesanan Boeing 787 Dreamliner merupakan komimen dari strategi Emirates untuk selalu berinvestasi pada pesawat yang paling modern dan efisien. Penandatanganan komitmen juga mengungkapkan adanya kepercayaan yang cukup tinggi akan masa depan penerbangan di kawasan UEA dan sekitarnya.

Di sisi lain, McAllister mengungkapkan bahwa Boeing sangat senang terhadap Emirates memilih Boeing 787-10 Dreamliners untuk memperkuat pertumbuhan armadanya di masa depan.

“Pesawat ini akan menjadi tolak ukur baru untuk proses ekonomi di industri maskapai komersial di masa depan. Dukungan Emirates terhadap Boeing 787 Dreamliners akan memperluas kemitraan jangka panjang kami yang juga akan menyokong banyak pekerjaan di Amerika Serikat,” kata McAllister.

Dalam kerjasama juga disebuatkan adanya kesepakatan Emirates dengan Boeing Commercial Airplanes mengenai penukaran pesawat dengan seri 787-9s. Selain itu Boeing Commercial Airplanes juga menawarkan fleksibilitas tambahan untuk maskapai dan jaringan globalnya di masa depan. Dreamliners akan diserahkan dalam campuran konfigurasi antara dua dan tiga kabin, yang akan dapat menampung 240 dan 330 penumpang. Pesawat ini akan diserahkan secara bertahap mulai tahun 2022.

Emirates merupakan mitra yang kuat bagi industri dirgantara Amerika Serikat. Berdasar data Departemen Perdagangan Amerika Serikat, setiap 1 miliar dolar ekspor industri dirgantara akan mendukung 5.200 jenis pekerjaan di Amerika. Pemesanan baru ini akan membuat dan mendukung lebih dari 78.000 pekerjaan tambahan di industri dirgantara Amerika Serikat. Tidak hanya dengan Boeing, tetapi juga dengan ribuan pemasok lain yang turut menyumbangkan perannya dalam industri dirgantara Amerika, di mana banyak diantaranya merupakan usaha kecil dan menengah.

Emirates rupanya juga menjadi salah satu pelanggan setia Boeing. Kemitraannya dengan Boeing terjadi hingga beberapa dekade. Pada Dubai Air Show tahun 2013, Emirates telah memesan 150 unit Boeing 777X yang dilengkapi dengan mesin GE9X. Dan berdasar catatan Boeing, Emirates merupakan operator Boeing 777 terbanyak, yakni sejumlah 165 pesawat seri 777. Setelah penandatanganan pembelian ini, Emirates akan mengoperasikan lebih dari 200 unit pesawat badan lebar buatan Boeing.

Be the first to comment

Leave a Reply