Embraer E195-E2 Sukses Jalani Penerbangan Perdana



Pabrikan pesawat asal Brazil, Embraer, sukses melaksanakan penerbangan perdana dari varian baru E Jets-E2, E195-E2 pada Rabu (29/3) lalu di Sao Jose dos Campos, Brazil. Penerbangan perdana ini berlangsung selama 2 jam.

Sebagai pesawat yang memiliki sistem kontrol fly-by-wire, E195-E2 menjadi pesawat pertama dari produk perusahaan ini yang memiliki perlindungan penuh dalam mode normal pada penerbangan pertama.

“Ini merupakan pencapaian yang baik untuk sistem fly-by-wire, serta badan pesawat,” kata Senior Vice President and Chief Operating Officer Embraer, Luis Carlos Affonso eperti yang dilansir oleh FlightGlobal.

Uji terbang perdana juga melaksanakan berbagai pengujian, termasuk meneliti bagaimana pesawat menangani di semua enam posisi flaps dan dalam konfigurasi final approach. Pilot uji Embraer menyampaikan keputusan yang Affonso telah berharap untuk mendengarkannya.

“Mereka (pilot uji) melaporkan E195-E2 terbang dengan cara yang persis sama dengan E190,” tambah Affonso.

E195-E2 menggunakan mesin Pratt & Whitney PW1900G yang juga digunakan pada E190-E2, di mana E190-E2 telah melaksanaka penerbangan perdana 10 bulan lalu. E195-E2 mampu terbang sejauh 2.400 nautical miles dan mampu menampung 146 penumpang dalam konfigurasi high-density.

Foto: Embraer

Be the first to comment

Leave a Reply