Ekuitas Negatif Batik Air Sudah Diberi Suntikan Modal



Beberapa waktu yang lalu Kementerian Perhubungan mengumumkan 13 maskapai penerbangan yang keuangannya tidak sehat lantaran berekuitas negatif. Salah satu maskapai penerbangan yang masuk dalam daftar itu adalah anak usaha Lion Group yang bergerak dalam segmen penerbangan layanan penuh, Batik Air.

Meskipun demikan, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan bahwa Batik Air menjadi satu-satunya maskapai penerbangan yang sudah mendapatkan suntikan modal. “Dari semuanya, baru Batik Air yang sudah memenuhi secara penuh,” ujar Jonan.

Dengan demikian, Jonan menegaskan, Batik Air sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah dan keuangan Batik Air dianggap sudah sehat. Cara yang dilakukan oleh Batik Air untuk mendapatkan modal adalah dengan mengonversi utang menjadi saham. “Batik Air mengkonversi utang jadi saham. Jumlahnya berapa, saya kira nggak perlu disebutkan. Tinggal administrasi saja yang diselesaikan. Karena sudah ada nota notaris, sudah ada bukti konversi utang menjadi saham dan sebagainya,” tandas Jonan.

Foto: Yulianus Liteni/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

Be the first to comment

Leave a Reply