Dukung Pariwisata Indonesia, AirAsia Undang Blogger dari Seluruh Penjuru Asia



AirAsia menyelenggarakan acara ulang tahun ketiga AirAsia Bloggers’ Community (AABC) di Jakarta, Indonesia, pada akhir pekan kemarin. Pertemuan ini diselenggarakan dalam upaya mendukung rencana pemerintah mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019.

Tahun ini, sebanyak 47 blogger yang terdiri dari lifestyle blogger, travel blogger dan juga food blogger dari 12 negara Asia mengeksplorasi destinasi wisata di Jakarta, termasuk kawasan bersejarah Kota Tua, mulai dari 12 hingga 14 November 2016.

Para blogger dari Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Indocina, Brunei Darussalam, India, Taiwan, Tiongkok dan juga Indonesia diajak untuk menjelajahi sisa peninggalan sejarah kolonial, serta keragaman budaya yang dimiliki oleh Ibukota.

Jakarta adalah destinasi wisata kedua terpopuler di Indonesia setelah Bali, dengan jumlah kedatangan wisatawan mancanegara sebesar 243.178 pada bulan September tahun ini saja (Sumber: Pusdatin, Kemenpar, 2016). Daya tarik Jakarta dengan maraknya pusat perbelanjaan, café, restoran serta jajaran hotel terbaik menjadikan kota ini sangat berwarna.

Kota ini juga menawarkan beragam kekayaan sejarah dan warisan budaya melalui Museum Gedung Joang 45, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Nasional, Museum Taman Prasasti dan tentu saja Museum Sejarah Jakarta di Kota Tua.

Seluruh blogger AABC menginap di DoubleTree by Hilton Jakarta – Diponegoro, yang merupakan AABC Official Hotel Partner. Berlokasi di tengah kawasan seni Cikini, hotel bintang 5 ini terletak tidak jauh dari pusat bisnis Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Pasar Antik Jalan Surabaya, Stasiun Kereta Cikini dan juga Masjid Istiqlal serta Gereja Katedral Jakarta.

CEO Grup AirAsia di Indonesia, Dendy Kurniawan mengatakan, “Kami sangat senang dapat menjadi tuan rumah dan menyambut para blogger muda dari seluruh penjuru Asia untuk memperkenalkan sisi lain dari Jakarta. Kami percaya bahwa melalui kegiatan dengan para social media influencer ternama ini, kami dapat turut mempromosikan Jakarta kepada masyarakat yang lebih luas, serta mendukungnya sebagai tujuan wisata papan atas.”

Para blogger diajak untuk mengeksplorasi Kota Tua dan berbagi pengalaman mereka secara online, mulai dari museum era kolonial Belanda di Lapangan Medan Merdeka hingga ke pertunjukan wayang tradisional. Mereka juga ditantang untuk menikmati pengalaman secara langsung mengarungi hiruk-pikuk kota berjuluk “Big Durian” ini dengan bepergian keliling Ibukota menggunakan angkutan umum layaknya penduduk setempat, dengan hadiah tiket penerbangan internasional ke destinasi pilihan pemenang.

Mereka pun disuguhi berbagai hidangan khas dari menu Santan AirAsia, antara lain Nasi Goreng, Nasi Kerabu, Mi Panjang Umur, Sate Ayam serta berbagai pilihan makanan dengan cita rasa dari kawasan Asean dan negara-negara Asia lainnya.

Manajer Inflight Service AirAsia Indonesia, William Tan mengatakan, “AirAsia baru-baru ini meluncurkan produk terbaru, Santan Combo, yang memungkinkan para pelanggan untuk memesan makanan berikut minuman pilihan mereka dengan hanya Rp 33.900, hemat hingga lebih dari Rp 20.000 dari harga yang dijual di pesawat. Dengan penurunan harga ini, kami harap lebih banyak lagi pelanggan yang dapat menikmati hidangan terbaik yang ditawarkan oleh kawasan ini.”

Foto: AirAsia