Di Kuartal Kedua, Penumpang Indonesia AirAsia Turun 12 Persen



Berbeda dengan AirAsia Group yang mengalami pertumbuhan penumpang sebesar 10 persen, salah satu afiliasi dari AirAsia Group, Indonesia AirAsia, malah mengalami penurunan jumlah penumpang. Sepanjang kuartal kedua 2015, Indonesia AirAsia hanya mengangkut sebanyak 1,63 juta penumpang. Angka ini turun 12 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Penurunan jumlah penumpang itu terjadi karena Indonesia AirAsia melakukan rasionalisasi rute penerbangan, dengan memangkas rute-rute domestik untuk lebih fokus dalam menggarap rute internasional. “Ini terjadi karena pengalihan fokus ke pasar penerbangan internasional, di mana asosiasi ini memiliki pangsa pasar nomor satu dan memiliki tingkat isian kursi lebih tinggi dibandingkan rute domestik,” ujar AirAsia Group.

Indonesia AirAsia mengakhiri kuartal kedua 2015 dengan 29 pesawat, berkurang satu pesawat dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya karena satu pesawat mengalami kecelakaan di akhir 2014. Tingkat isian kursi sepanjang April hingga Juni 2015 hanya 73 persen atau turun 5 persen dibandingkan dengan kuartal kedua 2014.

AirAsia Group menuturkan bahwa minimnya program pemasaran di kuartal pertama 2015 dan ada tragedi kecelakaan penerbangan QZ8501 pada akhir Desember 2014 telah memengaruhi tingkat pemesanan tiket di kuartal kedua tahun ini.

Foto: Leonardo Kosasih/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

Be the first to comment

Leave a Reply