Di Hawaii, Boeing 717 Hampir Bertabrakan dengan Cessna Caravan



Hawaiian Airlines A330. Foto: Hawaiian Airlines
Hawaiian Airlines A330. Foto: Hawaiian Airlines

Di Hawaii, sebuah Boeing 717-200 yang dioperasikan oleh Hawaiian Airlines dikabarkan hampir saja bertabrakan dengan sebuah Cessna Caravan. The Aviation Herald menulis, insiden tanggal 1 Februari 2017 itu terjadi di Bandara Kahului, Hawaii.

Ketika itu Boeing 717-200 (N478HA) sedang tinggal landas dari runway 02. Pesawat dengan nomor penerbangan HA-155 itu tengah dalam penerbangan domestik dari Kahului ke Honolulu membawa 125 penumpang dan 5 awak pesawat. Saat tengah melaju dan mulai tinggal landas, sebuah Cessa Caravan juga melaju dan tinggal landas dari runway 05. Kedua runway itu (runway 02 dan runway 05) berpotongan pada satu titik. Petugas pengawas lalu lintas udara yang mengetahui hal itu segera memperingatkan kedua pilot pesawat, namun keduanya telah mengudara.

FAA (Federal Aviation Administration) yang menginvestigasi insiden itu menyebutkan, melihat kemungkinan adanya tabrakan, petugas lalu lintas udara langsung memperingatkan kedua pesawat dan meminta Cessna segera berbelok ke kiri dan 717 berbelok ke kanan.

Hasil penyelidikan FAA diketahui bahwa pilot Cessna Caravan rupanya tinggal landas tanpa izin menara pengatur lalu lintas. Penyelidikan itu juga mengungkapkan bahwa pilot Cessna merasa telah memperoleh izin karena pada saat sebelum tinggal landas ia mendengar kalimat “…..5 cleared for take off”, yang dikiranya petugas pengatur lalu lintas udara telah mengizinkannya berangkat. Kedua penerbangan itu sama-sama memiliki angka “5” pada nomor penerbangan mereka. Karenanya, pilot Cessna melaju ke runway 05 dan memulai tinggal landas.

Foto: Hawaiian Airlines

 

Be the first to comment

Leave a Reply