Comac C919 Sukses Jalani Penerbangan Perdana



Pesawat narrowbody terbaru buatan Comac, C919 sukses menjalani penerbangan perdananya pada Jumat (5/5). C919 lepas landas dari Bandara Internasional Pudong, Shanghai pada pukul 14.00 waktu setempat, menandai sortie perdananya selama tujuh tahun pengembangannya.

Seperti yang dilansir oleh FlightGlobal, terdapat satu tim yang beranggotakan lima orang dalam penerbangan perdana pesawat yang diberi kode B-001A ini.  Menurut Comac Flight Test Manager You Li Yan, penerbangan perdana berlangsung selama 1,5 jam di mana landing gear pesawat yang ditenagai oleh mesin CFM Internasional Leap-1C ini tidak ditarik. Pesawat diperkrakan terbang dengan ketinggian 10.000 kaki.

You mengatakan, pilot telah ditugaskan untuk memeriksa 15 parameter selama sortie perdana. Ini termasuk menguji respons flight control pesawat, verifikasi fungsionalitas berbagai sistem, dan untuk memeriksa apakah alat uji tersebut menyediakan data informasi yang akurat.

Yang terpenting, You menambahkan, pilot akan “memiliki sense of flight control“, untuk merasakan pesawat dengan 158 tempat duduk ini. Pesawat ini sudah dilengkapi dengan alat uji, namun gambar yang dilansir oleh Comac juga menampilkan kursi penumpang di kabin.

Pabrikan pesawat China ini telah mengalokasikan 4.200 jam uji terbang untuk program pengujian C919, dan menargetkan pesawat untuk memasuki layanan penerbangan dalam waktu tiga tahun. Sejauh ini Comac telah membukukan komitmen sebanyak 570 unit untuk C919, dengan maskapai China Eastern Airlines sebagai launch customer.

Foto: Comac

Be the first to comment

Leave a Reply