Citilink Terima Airbus A320neo Pertamanya



Maskapai penerbangan Citilink Indonesia resmi menjadi maskapai pertama di Indonesia yang mengoperasikan Airbus A320neo. Pesawat yang merupakan pesawat berbadan kecil (narrow body) terbaru buatan pabrikan pesawat asal Eropa, Airbus ini merupakan pesawat pertama dari total sebanyak enam pesawat yang akan didatangkan oleh Citilink pada tahun 2017.

“Kedatangan pesawat kami yang ke 45 ini merupakan sesuatu yang spesial karena Citilink Indonesia menjadi maskapai pertama di Indonesia yang mengoperasikan pesawat seri A320neo keluaran terbaru Airbus ini,” ujar Direktur Citilink Mega Satria dalam acara penyambutan pesawat Airbus A320neo Citilink di Hangar 4 Garuda Maintenance Facility (GMF), Jumat (24/2).

Mega juga menambahkan, A320neo dipilih karena dianggap tepat untuk menjawab tantangan ekspansi Citilink untuk kawasan regional.

“Penghematan bahan bakar ini membuat Airbus A320neo memiliki jarak tempuh yang lebih panjang dan daya angkut yang lebih besar dibandingkan seri pendahulunya, membuatnya cocok menerbangi langit timur Indonesia yang jaraknya cukup jauh dari kota hub penerbangan utama Citilink di Jawa dan Sumatera,” jelas Mega.

“Armada terbaru kita nantinya juga akan digunakan untuk ekspansi Citilink ke tingkat regional. Saat ini kami tengah menggodok konsep dan melakukan persiapan agar penerbangan ke regional bisa direalisasikan dalam waktu dekat,” tambah Mega.

Menurut Mega, penumpang akan merasa lebih nyaman saat melakukan penerbangan karena A320neo memiliki tingkat kebisingan yang rendah jika dibandingkan seri pendahulunya. Dengan menggunakan pesawat Airbus A320neo, Citilink juga menjadi salah satu maskapai yang mendukung teknologi ramah lingkungan dengan kadar emisi yang lebih rendah.

Citilink dijadwalkan akan mendatangkan 10 unit Airbus A320neo hingga tahun 2018, dan saat ini telah mengoperasikan 44 unit pesawat Airbus A320ceo.

Foto: Fikri Izzudin Noor / IndoAviation.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply