Citilink Tambah Layanan dengan Fasilitas Concordia Lounge



Penandatanganan nota kesepahaman Citilink dengan Angkasa Pura Hotels. Foto: Reni Rohmawati.

Fasilitas kenyamanan Concordia Lounge di 11 bandara yang dikelola Angkasa Pura Hotels (APH) sekarang bisa dinikmati penumpang Citilink Indonesia. Maskapai berbiaya murah anak perusahaan Garuda Indonesia Group ini menawarkan LCC premium dengan menggandeng anak perusahaan PT Angkasa Pura (AP) I yang menyajikan jasa layanan kenyamanan di bandara.

“Posisi Citilink ini LCC remium, sehingga walaupun maskapai berbiaya murah, penumpang bisa mendapat kemudahan untuk masuk lounge. Ini salah satu yang kami buat untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang kami,” kata Andy Adrian Febryanto, Direktur Niaga PT Citilink Indonesia pada acara penandatanganan nota kesepahaman antara Citilink dengan APH di Jakarta, Selasa 24 Oktober 2017.

Menurut Andy, sejak terbentuk direksi baru pada April 2017, Citilink terus melakukan ekspansi dan melakukan terobosan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi penumpang. “Sampai akhir tahun ini armada kami ada 50 pesawat terbang. Akhir bulan Oktober ini akan datang Airbus A320neo sebagai pesawat terakhir untuk tahun ini. Saat ini bisnis airlines stagnan, sehingga melahirkan perang harga tiket dan persaingan yang ketat. Untuk itu, kita harus terus melakukan inovasi,” ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Utama APH, Danny P Thaharsyah mengatakan, tuntutan pelanggan akan pelayanan makin tinggi, sehingga mau tak mau harus terus ditingkatkan. “Sebenarnya, secara parsial kerja sama dengan Citlink ini sudah dilakukan sejak lama. Dengan MoU (memorandum of understanding), kerja sama tersebut bisa direalisasikan lebih terintegrasi. Posisi kami ini memang melayani pelanggan,” ucapnya.

Kesepahaman antara Citilink dengan APH juga mendapat dukungan penuh dari Komisaris Utama APH yang juga Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT AP I, Mochammad Asrori. “Selamat bekerja sama untuk maju bersama,” katanya.

Andy memang menegaskan bahwa kerja sama dengan APH sebagai salah satu langkah untuk terus memberikan kenyamanan bagi penumpang. Hal ini disambut positif oleh Direktur Desain Operasi dan Marketing APH, Farid Indra Nugraha. “Kalau Citilink memberi kenyamanan di udara, kami membawa misi untuk meningkatkan tingkat kenyamanan di bandara, khususnya dengan fasilitas Concordia Lounge untuk penumpang Citilink,” tuturnya.

APH bergerak di bidang hospitality mengelola fasilitas Premium Airport Lounge dengan merek Concordia Lounge di 11 bandara yang dikelola AP I, beberapa hotel, dan inflight catering “Kulinair” yang hanya ada di Bali. Kesebelasa bandara yang memiliki Concordia Lounge adalah Adi Sucipto di Yogyakarta, Ahmad Yani di Semarang, Adi Sumarmo di Solo, Juanda di Surabaya, I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Internasional Lombok di Mataram, El Tari di Kupang, Syamsuddin Noor di Banjarmasin, Sultan Hasanuddin di Makassar, Sultan Aji Muhammad Sulaiman di Balikpapan, dan Sam Ratulangi di Manado. Dua bandara lagi, yakni Pattimura di Ambon dan Frans Kaisiepo di Biak, masih belum memiliki fasilitas tersebut.

Ke depan, Citilink dan APH juga akan bekerja sama dalam inflight catering. “Sebelumnya sudah dilakukan, tapi kemudian Citilink menggunakan katering milik induk perusahaannya. Namun sekarang mungkin akan kerja sama dengan Kulinair lagi,” ungkap Farid, yang menyebut pelanggan Kulinair saat ini, antara lain, Qatar Airways dan dalam penjajagan dengan KLM.

Be the first to comment

Leave a Reply