Citilink Rata-Rata Batalkan 30 Penerbangan Per Hari Akibat Kabut Asap



Citilink Indonesia, anak perusahaan maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia, mengaku rata-rata membatalkan 30 penerbangan per hari akibat kabut asap yang melanda di sejumlah wilayah di Indonesia. Pembatalan penerbangan kebanyakan dilakukan di wilayah Sumatera dan Kalimantan Barat, yang memang mendapatkan imbas paling parah terhadap bencana kebakaran lahan.

Direktur Utama Citilink Indonesia Albert Burhan mengatakan bahwa kabut asap yang melanda sejumlah wilayah membuat perusahaan yang dipimpinnya itu merugi. “Untuk total kerugian nggak ingat, kalau yang dibatalkan 30-an sehari,” ujarnya.

Menurut Albert, Citilink tidak membatalkan seluruh penerbangan di Sumatera dan Kalimantan. Jika kondisi memungkinkan, Citilink masih akan mengoperasikan penerbangan meskipun harus mengubah jadwal.

Albert menuturkan, perusahaan perlu menata operasional dalam jangka panjang untuk menghadapi bencana kabut asap. Apalagi bencana seperti ini sudah rutin terjadi setiap tahunnya. “Jadi bagaimana pencegahan asapnya, dan pencegahan rute-rute kita ubah jadwal atau di jam yang nggak banyak asap. Kalau sore mungkin visibility lebih bagus,” kata dia.

Foto: Andika Primasiwi/PhotoV2.com for Indo-Aviation.comĀ 

Be the first to comment

Leave a Reply