Citilink Nilai Peringkat Keselamatan dari Kemenhub Aneh!



Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan penilaian mengenai peringkat keselamatan transportasi yang ada di Indonesia melalui Transportation Safety Award (TSA) 2015. Hasilnya, Garuda Indonesia mendapatkan peringkat paling atas sebagai perusahaan dengan tingkat keselamatan paling tinggi, diikuti dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP 1 di posisi kedua, dan Perusahaan Umum (Perum) Damri di posisi ketiga.

Meskipun demikian, maskapai penerbangan berbiaya rendah Citilink Indonesia yang berada di peringkat ke-13 menganggap penilaian dari Kementerian Perhubungan itu terasa aneh. Vice President Corporate Communications Citilink Indonesia Benny Siga Butarbutar mengatakan bahwa keanehan itu terjadi ketika Kementerian Perhubungan memasukkan transportasi darat seperti kereta api dan bus, serta angkutan penyeberangan di dalam daftar teratas transportasi yang paling aman, sedangkan industri penerbangan yang dikenal sangat detail dalam hal keamanan dan keselamatan penerbangan justru kebanyakan berada di peringat menengah.

Misalnya saja, maskapai penerbangan seperti Sriwijaya Air, Indonesia AirAsia, Airfast Indonesia, Citilink Indonesia, Batik Air, Travira, dan Premiair berada di urutan menengah hingga bawah yang masing-masing ada pada peringkat 6, 7, 8, 13, 14, 15, dan 16. Namun, menurut Benny, Citilink Indonesia tidak terpengaruh dengan peringkat yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan. Perusahaan akan terus memegang teguh keselamatan penerbangan sebagai yang utama. “Sebetulnya kita tidak terpengaruh, toh msaih tetap masuk dalam penilaian. Namun yang terpenting adalah fakta nyata yang Citilink lakukan dan pertahankan tentang safety,” kata dia.

Benny menambahkan, keselamatan penumpang penerbangan merupakan hal yang utama dan tidak bisa diganggu gugat. Citilink pun tidak mau bereksperimen dengan nasib para penumpang. “Dinilai atau tidak, Citilink tetap memprioritaskan safety seperti yang dituntut atau menjadi prinsip dunia penerbangan. Penumpang juga yang merasakan dan menilai,” imbuhnya.

Transportation-Safety-Award-2015

Foto: Yulianus Liteni/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

Be the first to comment

Leave a Reply