Citilink Minta Tambah Penerbangan di Halim, AP II Berbenah



Sejumlah maskapai penerbangan meminta penambahan jadwal di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta. Salah satu maskapai penerbangan yang meminta tambahan penerbangan itu adalah Citilink Indonesia. Oleh karena itu, Angkasa Pura II (AP II) selaku pengelola Bandara Halim Perdanakusuma mengaku akan segera membenahi bandara itu agar bisa mengakomodir kebutuhan maskapai penerbangan.

General Manager Angkasa Pura II Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Iwan Krishadianto mengatakan bahwa Citilink Indonesia saat ini memiliki 21 pasang slot di Bandara Halim Perdanakusuma. Namun, anak perusahaan Garuda Indonesia itu sudah mengurus izin ke Kementerian Perhubungan untuk meminta tambahan slot penerbangan. “Citilink sedang mengajukan tambahan 11 penerbangan per hari. Ini sedang kami bicarakan bersama dengan pemerintah,” ujar Iwan.

Menurut Iwan, salah satu hal yang mengganjal penambahan slot penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma adalah karena bandara ini bersebelahan dengan fasilitas milik TNI Angkatan Udara. Selain itu, kapasitas ruang tunggu di Bandara Halim Perdanakusuma juga masih sangat terbatas. “Total ada 33 penerbangan berjadwal per hari. Selain itu ada maskapai-maskapai charter lain yang juga terbang dari Halim. Kami tidak bisa memberikan langsung, karena menghitung keterbatasan ruang tunggu. Dalam satu jam, kami hanya bisa melayani penumpang untuk tiga penerbangan saja,” kata dia.

Iwan menuturkan, dalam satu hari Bandara Halim Perdanakusuma mampu melayani 3.500 penumpang di terminal keberangkatan. “Kalau ditotal dalam setahun, Halim bisa melayani 1,27 juta sampai 1,3 juta penumpang. Itu baru yang terbang dari sini, kalau ditambah yang datang bisa sampai 2 jutaan penumpang,” jelasnya.

Meskipun kapasitas Bandara Halim Perdanakusuma terbatas, Iwan mengatakan bahwa Angkasa Pura II akan terus memperbaiki layanannya. Tujuannya tentu saja agar penumpang penerbangan merasa nyaman dan tidak mengeluhkan mengenai keterbatasan yang ada. “Karena berdasarkan survei yang kami lakukan, para penumpang pesawat dari Halim menghendaki bandara ini dilengkapi dengan gerai brand besar. Kami sudah bekerjasama dengan Starbucks, Bakso Lapangan Tembak, dan bulan depan akan ada gerai Excelso. Kami terus membuka peluang kerjasama dengan gerai lain,” kata Iwan.

Selain itu, kata Iwan, Angkasa Pura II juga melakukan kerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia untuk menyediakan fasilitas internet gratis melalui WiFi di seluruh area Bandara Halim Perdanakusuma. “Ada satu lagi provider yang kami ajak kerjasama. Jadi layanan internet yang sudah menjadi kebutuhan warga Jakarta bisa lebih cepat lagi di Halim ini,” katanya.

Saat ini sudah ada dua maskapai penerbangan niaga berjadwal yang beroperasi di Bandara Halim Perdanakusuma. Selain Citilink Indonesia, anak perusahaan Lion Group, Batik Air, juga melayani penerbangan dari bandara di Jakarta Timur tersebut dengan total mendapatkan 12 pasang slot penerbangan dalam sehari. Selebihnya Bandara Halim Perdanakusuma melayani penerbangan charter, VIP, dan penerbangan militer TNI Angkatan Udara.

Foto: Tri Setyo Wijanarko/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

Be the first to comment

Leave a Reply