Citilink Indonesia Jalin Kerjasama dengan Pemkot Surabaya



Kerjasama Pemkot Surabaya dengan Citilink Indonesia. Foto: Citilink Indonesia.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini meneteskan air mata  saat menyampaikan sambutan usai  penandatanganan kerjasama  Pemerintah Kota Surabaya dengan  Citilink Indonesia, Kamis (14/9). Rasa haru itu dilandasi kekhawatiran Risma atas kelanjutan program pemberdayaan masyarakat di bekas kawasan lokalisasi  di Surabaya. Risma sendiri telah menerapkan program itu dengan memberikan pelatihan  program Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di bawah binaan Pemerintah Kota Surabaya, yang dimulai sejak Juni 2014.

“Saya sempat khawatir bagaimana dengan kelanjutannya kalau hasilnya tidak sesuai dengan yang saya harapkan. Sebagai seorang pemimpin saya merasa amat berdosa jika mereka akhirnya memilih kembali ke profesinya,” ungkap Risma terbata-bata pada hari itu.

Dihadapan puluhan pengunjung, Risma mengatakan bahwa di tengah kekhawatirannya itu, ia terus berdoa dan merasa doanya terjawab dengan kesediaan Citilink Indonesia merespon tawaran kerjasama lewat program kepedulian dan bantuan memperluas akses pasar produk makanan ringan dari UMKM binaan Pemkot Surabaya melalui penjualan di pesawat-pesawat di seluruh jaringan penerbangan nasional Citilink Indonesia. Sambil meneteskan airmatanya, Risma sempat menyatakan kekhawatirannya atas cara memasarkan produk hasil pekerja UMKM yang berasal dari kawasan lokalisasi yang ditutupnya tiga tahun lalu.

“Para kaum perempuan ini saya ambil dari kawasan lokasisasi yang pernah saya tutup tiga tahun yang lalu, kemudian membekali mereka sejumlah keterampilan dan saat ini tergabung dalam asosiasi UMKM binaan Pemkot Surbaya,” kata Risma dengan nada pelan seraya menahan air matanya menetes di hadapan puluhan tamu yang termasuk diantaranya adalah para pengrajin UMKM tersebut.

Setelah menyatakan harapannya, Risma terpaku di depan para undangan yang hadir sambil melipat kertas sambutanya dan menahan nafas. Tidak lama kemudian tangisan haru terlihat di wajahnya dan ia pun terbata-bata mengucapkan bahwa Tuhan itu baik dan berterimakasih karena Citilink Indonesia peduli.

Kerjasama yang disepakati antara Citilink Indonesia dengan Pemerintah Kota Surabaya tertuang dalam dalam dua bidang startegis, yaitu pengembangan sumber daya manusia melalui program rekrutmen pilot dan awak kabin, serta aktivitas bisnis dalam upaya memperluas akses atau jangkauan wilayah pasar produk dari UMKM di jaringan penerbangan nasional yang diterbangi Citilink Indonesia. Dengan demikian diharapkan terbangun standar kualitas mutu produk UMKM yang unggul serta munculnya kepercayaan publik yang luas akan produk-produk UMKM asal Surabaya.

Be the first to comment

Leave a Reply