Citilink Indonesia Ingin Jadi Penguasa Penerbangan Domestik



Maskapai penerbangan Citilink Indonesia mengaku ingin menjadi raja penerbangan domestik di Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan mendatangkan delapan pesawat Airbus A320 baru pada tahun 2016. Pesawat-pesawat ini akan digunakan untuk memperkuat dan memperluas jaringan rute penerbangan Citilink Indonesia, salah satunya dengan membuka  rute penerbangan baru ke Papua.

Vice President Corporate Communications Citilink Indonesia Benny Siga Butarbutar mengatakan bahwa perusahaan minimal mengoperasikan 50 pesawat untuk bisa menguasai penerbangan domestik. “Saat ini kami memiliki 36 pesawat Airbus 320 dan tahun depan kami akan tambah delapan pesawat lagi dan sisanya di tahun berjalan. Hal ini akan membantu kami untuk mengusai pangsa di wilayah timur Indonesia, kami pun akan fokus ke wilayah Papua,” ujar Beny.

Menurut Benny, Citilink Indonesia tidak hanya mengembangkan penerbangan ke Papua saja, tapi juga penerbangan ke berbagai destinasi di wilayah Indonesia Timur yang terkenal eksotis dengan pemandangan alamnya. “Ini tidak hanya di Papua ya, tapi seluruh rute wilayah timur kita akan kembangkan 2016. Saat ini masih kita pelajari,” tambahnya.

Benny menambahkan, selain akan mendatangkan pesawat-pesawat baru, perusahaan juga akan menambah jumlah pilot untuk menerbangkan pesawat-pesawat tersebut. “Karena tidak mungkin membangun rute tanpa persiapan SDM. Persiapan lainnya pemeliharaan pesawat dan kerjasama banking serta network,” jelas dia.

Jumlah penumpang Citilink Indonesia dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Pada tahun ini saja Citilink Indonesia menargetkan bisa mengangkut sebanyak 11,2 juta penumpang. Selanjutnya, pada tahun depan jumlah itu diharapkan akan meningkat menjadi 14 juta penumpang. “Pada 2012 penumpang kita 2,9 Juta, kemudian di tahun berikutnya menjadi 5,4 juta, 7 juta di 2014, dan di tahun ini diharapkan mencapai 10-11 juta, bisa diraih. Ke depan kami targetkan sampai 14 juta penumpang,” kata Benny.

Foto: Djaka Farezki/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

Be the first to comment

Leave a Reply