Citilink Diharap Pemprov Papua Bisa Berdayakan SDM Lokal



Maskapai Citilink Indonesia diharapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua bisa memberdayakan sumber daya manusia (SDM) lokal setelah perusahaan tersebut resmi masuk ke Papua.

Dengan kata lain, layanan penerbangan Citilink yang mulai masuk ke Papua diharap bisa berdampak pada penyerapan tenaga kerja setempat. “Dalam operasionalnya, kita harapkan Citilink dapat merekrut crew dari anak-anak kita dari Papua,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi Papua TEA. Hery Dosinaen, di Jayapura.

Diakui Hery, dirinya senang ada pramugari Citilink orang asli Papua, sehingga ke depan ia berharap jumlahnya bisa terus bertambah. “Tadi sudah ada representasi pramugari dari Papua yang asli Sentani, mudah-mudahan dari gunung dan pantai juga bisa terekrut,” kata dia.

Tak hanya SDM, Dosinaen juga meminta pihak Citilink bisa menggunakan batik bermotif kebudayaan Papua dalam seragam mereka. “Kalau bisa kenapa tidak dalam penerbangan tertentu mereka memakai batik Papua yang warna dasarnya hijau, sehingga sesuai dengan warna Citilink,” ujarnya lagi.

Sementara Direktur Utama Citilink Indonesia Albert Burhan menyebutkan  bahwa pihaknya sudah lama menggunakan beberapa tanaga asli Papua yang dilibatkan dalam crew penerbangan. Ia menjanjikan ke depan jumlahnya akan terus bertambah.

“Semakin banyak penerbangan ke Papua pasti semakin banyak crew dari Papua, entah pramugari atau bahkan pilot. Tapi sebelum terbang ke Papua pun kita sudah memakai pramugari dari Papua,” katanya.

Foto: Joe Roland S Bokau / Indo-Aviation.com