Cierva C.8, Autogyro Hasil Kerjasama Avro



Cierva C.8 merupakan sebuah pesawat autogyro yang dirancang oleh Juan de la Cierva di Inggris pada tahun 1926 bekerjasama dengan sebuah pabrikan pesawat yaitu Avro. Seperti halnya autogyro rancangan Cierva sebelumnya, desain C.8 ini berbasis pada desain fixed wing fuselages, seperti Avro 552.

Pesawat percobaan pertama, C.8R (oleh Avro dikenal sebagai Type 587) merupakan rebuild dari versi sebelumnya yaitu C.6D, dilengkapi dengan stub wings dan blades rotor utama berbentuk paddle. Kemudian diikuti dengan pembangunan versi selanjutnya yaitu C.8V (Type 586) yang akhirnya diubah kembali menjadi Avro 522 setelah pengujian. Model selanjutnya yaitu C.8L (Type 575) yang didasarkan pada pesawat latih Avro 504N bermesin Lynx.

Usaha Cierva dalam membangun pesawat ini rupanya menarik perhatian berbagai pihak, terutama dari pemerintah melalui British Air Ministry yang menetapkan pesanan pesawat ini pada 1927. Kemudian diselesaikan sebagai Type 611 yang pada uji terbang dilakukan oleh Bert Hinkler di Hambel dan dikirimkan ke Royal Aircraft Establishment oleh Cierva sendiri pada lintas udara Inggris-nya yang pertama pada 30 September tahun itu. Pesawat percobaan berikutnya dibeli oleh Air Commodore James G. Weir dan diterbangkan pada ajang King’s Cup Air Race tahun 1928 sebelum digunakan untuk penerbangan demonstrasi di Eropa.

Dua unit C.8 terjual pada tahun 1928, satu unit dijual kepada Pemerintah Italia, dan satunya lagi kepada American Harold Pitcair, yang akan membeli hak produksi di Amerika Serikat. Varian C.8W dibeli oleh Pitcairn yang akan menjadikannya sebagai pesawat autogyro pertama di Amerika Serikat dan akan melakukan penerbangan pada 18 Desember 1928. C.8W ini merupakan autogyro tertua di Amerika.

Varian dari Cierva C.8 ini antara lain C.8R, yang merupakan pengembangan dari C.6D yang dilengkapi dengan sayap baru dan bilah baling-baling, ditenagai oleh mesin Clerget berkekuatan 97 kW (130 hp). Selanjutnya ada C.8V, yang mempunyai 2 tempat duduk dan ditenagai mesin Wolseley Viper bertenaga 134 kW (180 hp). Kemudian varian C.8L yang dibuat 4 unit dan terbagi lagi menjadi beberapa jenis, antara lain; C.8L Mk II yang dilengkapi dengan sayap dengan bentang yang pendek, ditenagai mesin Armstrong Siddeley Lynx IV dan dikenal di Inggris sebagai Avro Type 617; CL.8 Mk III yang merupakan pesawat pesanan Pemerintah Italia di tahun 1928 dibuat sebanyak 2 unit; dan C.8W yang ditenagai mesin Wright Whirlwind bertenaga 168 kW (225 hp). Varian ini dibuat untuk Harold Frederick Pitcairn dengan desain original C.8L Mk IV dibuat sebanyak satu unit.

Karakteristik umum dari Cierva C.8 yaitu diawak oleh 1 orang dengan kapasitas 1 penumpang. Cierva C.8 memiliki panjang 11 meter, rotor diameter 7 meter, tinggi 4,5 meter, berat kosong 790 kg, berat dengan muatan 1075 kg, ditenagai sebuah mesin Armstrong-Siddeley Lynx IV radial piston sebesar 180 tenaga kuda, diameter propeller 12,1 meter dan kapasitas bahan bakar 108 liter. Performa dari Cierva C.8 antara lain mampu terbang dengan kecepatan maksimum 135 km per jam, kecepatan jelajah 129 km per jam, kecepatan stall 40 km per jam, endurance selama 3 jam pada kecepatan jelajah, dan rate of climb 500 kaki per menit.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply