Cathay Pacific Akan PHK 600 Karyawan



Maskapai penerbangan asal Hongkong, Cathay Pacific akan melakukan PHK (pemutusan hubungan kerja) sekitar 600 karyawan dari kantor pusatnya dan merestrukturisasi divisi kargonya berdasarkan program transformasi yang bertujuan mengembalikan profitabilitas, demikian seperti yang dilansir oleh FlightGlobal, Senin (22/5).

Maskapai yang menjadi founder dari aliansi Oneworld ini mengatakan dalam sebuah pernyataan, sekitar 190 peran manajerial akan dipotong, mewakili sekitar seperempat jajaran manajemennya. Selain itu, 400 peran non-manajerial juga akan dikurangi, sekitar 18 persen dari posisi tersebut. Karyawan yang terkena dampak pemotongan akan menerima paket pesangon hingga 12 bulan gaji, dan layanan pendukung lainnya.

Rupert Hogg, Chief Executive Cathay mengatakan bahwa maskapai harus membuat keputusan sulit untuk menjamin masa depan bsnisnya.

“Perubahan dalam kebiasaan perjalanan orang dan apa yang mereka harapkan dari kita, persaingan yang berkembang dan prospek bisnis yang menantang telah menciptakan kebutuhan akan perubahan yang signifikan,” katanya.

Pihak maskapai juga akan merestrukturisasi pengelolaan bisnis kargo dengan memotong posisi direktur kargo, dan area operasional dan komersial yang relevan dari divisi kargo akan melaporkan struktur manajemen penumpang yang ada.

Cathay menandai pada bulan Maret bahwa pihaknya berusaha mengurangi biaya personil kantor pusat sebesar 30 persen, namun pada tahap ini tidak mengatakan berapa banyak staf akan terpengaruh oleh PHK. Maskapai ini juga mencatat kerugian operasional sebesar 70,2 juta Dolar hingga 31 Desember 2016, memperlambat pertumbuhan ekonomi China dan persaingan yang ketat memberi tekanan pada yields.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply