Bos AirAsia Ingin Tiru Konsep Hub dari Emirates



Chief Executive Officer AirAsia Group Tony Fernandes mengatakan bahwa dia ingin meniru konsep hub penerbangan yang dimiliki oleh Emirates, perusahaan penerbangan internasional terkemuka di dunia.

Menurut Fernandes, AirAsia berencana membangun “Dubai baru” di Asia Tenggara dalam hal transfer penumpang penerbangan seperti yang sudah dilakukan oleh Emirates di Dubai International Airport. Hub ini bisa dibangun di Kuala Lumpur dan Bangkok untuk memberikan efisiensi dalam menghubungkan Asia Timur dan Asia Tenggara dengan belahan dunia lainnya.

Untuk membangun hub ini, AirAsia akan mencari mitra investasi bersama dalam pengembangan bandara. Bandara ini nantinya digunakan untuk melayani lalu lintas penerbangan AirAsia, sekaligus sebagai upaya dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN yang akan dimulai pada akhir 2015.

AirAsia sebenarnya sudah sangat ingin memiliki terminal bandara sendiri. Akan tetapi, dalam pengakuannya beberapa tahun terakhir untuk membangun terminal sendiri di Malaysia dan Indonesia mendapatkan penolakan dari otoritas setempat. “Kami sudah cukup besar, dan saya masih belum mengerti kenapa kami belum bisa memiliki terminal sendiri,” katanya.

Foto: Airbus

Be the first to comment

Leave a Reply