Boeing Sepakat Jual 300 Pesawat kepada China



Produsen pesawat asalAmerika Serikat, Boeing, telah memenangkan pesanan dan komitmen sebanyak 300 pesawat dari China, yang terdiri dari 250 pesawat narrowbody dan 50 pesawat widebody. Nilai kesepakatan itu diperkirakan mencapai US$ 38 miliar sesuai dengan daftar harga.

Pemesanan itu dikonfirmasi ketika kunjungan Presiden China Xi Jinping melakukan kunjungan di pabrik Boeing yang berada di Everett, Washington. Menurut Xi Jinping, kesepakatan ini akan membawa masa depan yang cerah untuk kolaborasi antara Boeing dan China.

Boeing mengatakan bahwa perusahaan akan melakukan kerjasama untuk membangun pusat perakitan pesawat Boeing 737 di China. Dalam rencananya tersebut, Boeing akan menggandeng perusahaan milik negara China, Commercial Aircraft Corporation of China (Comac). Meskipun demikian, Boeing masih belum memutuskan di mana lokasi pabrik perakitan, kapan pesawat pertama yang dirakit di China akan dikirim, lokasi pengecatan badan pesawat, pemasangan sistem hiburan, hingga lokasi pemasangan kursi pesawat.

Boeing mengatakan pihaknya tidak akan mengurangi jumlah karyawan yang ada di pusat perakitan pesawat di Washington pada program pesawat Boeing 737 walaupun pesawat jenis itu juga akan dirakit di China.

Foto: The Boeing Company 

Be the first to comment

Leave a Reply