Boeing dan Comac Mulai Bangun Fasilitas 737 di China



Pabrikan pesawat asal Amerika Serikat, Boeing dan pabrikan pesawat China, Comac pada Kamis (11/5) memulai konstruksi untuk fasilitas completion baru dan delivery center untuk pesawat Boeing 737 di China.

FlightGlobal melansir pada Kamis (11/5), joint venture tersebut dimulai dengan peletakan batu pertama untuk pabrik sluas 40 hektar yang dilaporkan dibuka pada tahun 2018 di Zhousan, dekat Shanghai. Fasilitas di Zhujiajian yang merupakan aviation industry park akan memasang sistem flight entertainment dan kursi pada pesawat 737 yang dirakit oleh Boeing di Renton, negara bagian Washington, yang kemudian dicat dan dikirimkan ke pelanggan di China.

Memulai konstruksi adalah “tonggak yang semakin memperkat hubungan saling menguntugkan antara industri penerbangan Boeing dan China, yang mendukung pertumbuhan ekonomi di AS dan China,” kata Boeing dalam sebuah pernyataan.

Pada bulan September 2015, Boeing mengumumkan rencana untuk membangun fasilitas completion dan delivery center dengan Comac di China, negara yang menurut perkiraan Boeing akan mengakuisisi 6.810 unit pesawat komersial baru pada tahun 2036.

Pemasok di China telah menyediakan stabilizer, pintu, panel sayap dan wire harnesses untuk 737NG. China juga akan memasok rudder untuk 737 MAX yang akan memasuki layanan pada akhir bulan ini. Pada bulan Oktober lalu, joint venture ini mengumumkan bahwa fasilitas tersebut dibangun di Zhuujiajian, yang dilaporkan mengalami peningkatan sebesar 108 juta Dolar untuk mengakomodasi pabrik 737.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply