Boeing 737 MAX 9 Pertama Dioperasikan ThaiLion Air




Pesawat Boeing 737 MAX 9 sudah tiba di Bandara Don Mueang, Bangkok, Thailand dan segera dioperasikan perdana oleh ThaiLion Air. Foto: Lion Air Group

ThaiLion Air menyambut kedatangan Boeing 737 MAX 9 beregistrasi HS-LSH yang mendarat mulus di Bandara Internasional Don Mueang, Bangkok, Thailand (DMK), pada Sabtu (24/3/2018). Boeing 737 MAX 9 adalah pesawat berdesain kabin lorong tunggal (single aisle) berkapasitas 215 kursi yang dilengkapi Boeing Sky Interior.

“ThaiLion Air yang tergabung dalam Lion Air Group sangat bangga menorehkan sejarah penerbangan di kancah internasional dengan menjadi yang pertama menerima dan mengoperasikan Boeing 737 MAX 9 di dunia. Pesawat ini sangat tepat untuk mendukung bisnis kami yang sedang tumbuh di Thailand,” kata Capt. Darsito Hendro Seputro, CEO and Chairman ThaiLion Air pada acara penyambutan itu.

ThaiLion Air berencana memperkuat jaringan penerbangan dengan ekspansi lebih banyak untuk rute perjalanan jarak jauh (long haul). “Strategi bisnis ini diharapkan mampu menarik dan mendatangkan wisatawan dan pebisnis, sehingga jumlah penumpang kami semakin meningkat,” ujar Darsito.

Menurut President and CEO Boeing Commercial Airplanes Kevin McAllister, Lion Air Group merupakan salah satu maskapai penerbangan yang mengandalkan jenis pesawat single aisle, yang mengoperasikan keluarga Boeing 737 MAX. “Lion Air Group akan memperoleh keuntungan lebih dari pengoperasian pesawat dari keluarga MAX ini, seperti efisiensi dan keandalan terbaik di industri penerbangan,” ucapnya.

Boeing 737 MAX 9 dirancang untuk beroperasi dengan biaya lebih rendah dari pesawat sekelasnya yang sudah ada di pasar. Keluarga 737 MAX adalah pesawat yang membukukan penjualan tercepat dalam sejarah Boeing dengan mencatatkan lebih dari 4.300 pesanan dari 95 pelanggan di seluruh dunia.

Pesawat yang disebut-sebut sebagai pembuka era baru di pasar pesawat lorong tunggal ini menggabungkan mesin CFM International LEAP-1B terbaru untuk mengurangi tingkat kebisingan serta didukung perangkat lainnya. Memiliki dua lekukan pada masing-masing ujung sayap (winglets) dengan teknologi terdepan serta lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar dan mengurangi emisi CO2 paling sedikit 14 persen.

Lion Air Group merupakan pelanggan pertama Boeing dalam peluncuran perdana Boeing MAX 9, begitu juga dengan Boeing 737 MAX 8 oleh Malindo Air pada Maret 2017. Tahun lalu, rencananya MAX 9 akan dioperasikan perdana oleh Lion Air. Namun kenyataannya sekarang dioperasikan perdana oleh ThaiLion Air.

Managing Director Lion Air Group Daniel Putut Kuncoro Adi mengatakan, ThaiLion sedang bertumbuh dan membutuhkan armada untuk memperkuat bisnisnya. “Nanti yang MAX 10 untuk Lion Air,” ucapnya di Jakarta, Selasa (6/3/2018). Saat ini pun, pesawat Boeing 737 MAX 8 dioperasikan oleh Lion Air, sementara Malindo Air tidak lagi mengoperasikan pesawat tersebut.

Lion Air Group sudah mengumumkan pula komitmennya untuk mendatangkan 50 Boeing 737 MAX 10. Dengan begitu, grup maskapai yang berbasis di Indonesia ini memiliki pesanan tambahan 1.273 pesawat seri MAX. Jumlah tersebut menjadikan Lion Air Group sebagai salah satu operator seri MAX terbesar di dunia.