Berharap Berkah di Tahun Kuda



Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, termasuk budaya dari warga keturunan Tionghoa yang pada awal tahun mereka melakukan perayaan tahun baru Imlek yang meriah.

Tahun baru Cina atau Imlek adalah perayaan penting bagi masyarakat Tionghoa. Imek yang jatuh pada tanggal 31 Januari 2014 ini adalah tahun baru 2565 yang merupakan tahun kuda kayu.

Perayaan Imlek dilakukan di seluruh pelosok dunia dimana orang keturunan Tionghoa berada. Di Jakarta sendiri, walaupun terdapat ratusan kuil/vihara, perayaan Imlek seperti tahun-tahun sebelumnya berpusat di beberapa vihara di kawasan Petak Sembilan, salah satunya Vihara Dharma Bakti.

Mata mulai terasa perih dan berair ketika memasuki bangunan vihara yang merupakan vihara tertua di Jakarta. Dibangun pada tahun 1650, vihara yang sempat dihancurkan oleh pemerintah kolonial Belanda ini menjadi vihara yang terbesar di daerah Petak Sembilan. Ratusan bahkan ribuan masyarakat keturunan Tionghoa memadati vihara ini saat perayaan Imlek. Mereka memanjatkan doa-doa kepada sang pencipta dan leluhur dengan membakar dupa untuk meminta berkah kemakmuran di tahun yang baru. Tak sedikit yang membagikan rejeki kepada para pengemis yang mengantre bahkan sejak beberapa hari sebelumnya. Imlek memang identik dengan angpau, membagi rejeki khususnya kepada yang membutuhkan.

Semoga tahun kuda kayu membawa kemakmuran bukan hanya bagi warga keturunan Tionghoa saja, tetapi bagi kita semua.