Begini Kesiapan AirNav Indonesia Hadapi Mudik Lebaran



Berbagai langkah dilakukan oleh sejumlah kalangan di bidang penerbangan untuk menghadapi mudik Lebaran tahun ini. Salah satunya adalah AirNav Indonesia yang bergerak di bidang pelayanan navigasi penerbangan.

Direktur Operasi AirNav Indonesia, Wisnu Darjono mengatakan, sesuai dengan arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, untuk Lebaran tahun ini AirNav Indonesia menyiapkan dan mengadakan posko 24 jam yang diletakkan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, tepatnya di Jakarta Air Traffic Services Center (JATSC). Selain itu, AirNav Idonesia juga akan ikut posko di Kantor Kementerian Perhubungan.

“Ada booth di sana, untuk memberikan supaya arus informasi lancar,” ujar Wisnu seusai acara Penandatanganan Pengalihan Navigasi Penerbangan 27 Bandara kepada AirNav Indonesia di Kantor Pusat AirNav, Tangerang, Rabu (24/5).

Wisnu memaparkan, personel AirNav Indonesia akan full dinas dan seperti halnya pada Lebaran tahun lalu, pihaknya telah menyampaikan kepada petugas operasional bahwa tidak ada yang cuti.

“Para petugas tidak ada yang cuti sehingga full melakukan dinas,” sebut Wisnu.

Wisnu juga memperkirakan, peningkatan pergerakan pesawat pada tahun ini naik berkisar antara 6 hingga 7 persen.

“(Traffic) movement loh ya, bukan orang. Pergerakan pesawat. Karena kami tidak melihat isi pesawatnya ya, tetapi permintaan dari permintaan maspakai untuk slot itu,” kata Wisnu.

Wisnu menyebut, normalnya pergerakan pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sekitar 72 hingga 74 pergerakan per jam.

“Itu kami perkirakan sampai 78 hingga hampir 80 (pergerakan per jam). Kemudian di Bali itu, dari 26 hingga 27 (pergerakan per jam), mungkin jadi 28-29 (pergerakan per jam). Surabaya begitu juga. Tapi kami yang 35 (daerah) itu ya, untuk daerah di Timur sana kan juga banyak. Dari Ternate dan dari Makassar,” kata Wisnu.

Foto: Fikri Izzudin Noor / IndoAviation.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply