Batik Air Lirik Penerbangan ke Perth, Shanghai, Hingga Seoul



Batik Air saat ini baru mengoperasikan satu rute penerbangan internasional, yaitu Jakarta-Singapura dengan frekuensi sebanyak dua kali sehari. Namun, anak perusahaan Lion Group yang mengambil segmen penerbangan full service ini rupanya cukup ambisius dalam rencana ekspansi penerbangan internasionalnya tahun depan.

Seperti dilansir CAPA, Batik Air tertarik membuka rute penerbangan menuju Seoul di Korea Selatan pada awal tahun 2016. Rencananya penerbangan ke Seoul akan dilayani dari Manado, Sulawesi Utara, destinasi wisata yang cukup populer di Indonesia bagian tengah, di mana pemilik Lion Group juga membangun hotal di kota itu. Batik Air memilih mengoperasikan penerbangan ke Seoul dari Manado lantaran jarak jangkau pesawat yang dimilikinya tidak mencukupi untuk mengoperasikan penerbangan nonstop Jakarta-Seoul. Selain itu, Manado akan menjadi destinasi baru bagi Seoul karena selama ini penerbangan ke Seoul hanya dilayani dari Jakarta dan Denpasar.

Batik Air juga masih tertarik untuk melayani penerbangan ke Australia dengan melirik layanan penerbangan ke Perth. Batik Air berharap bisa mendapatkan izin dari otoritas penerbangan Australia pada awal tahun 2016. Sebelumnya Lion Group berencana membangun maskapai penerbangan di Australia, tapi kemudian rencana itu menguap begitu saja. Kini Lion Group tetap ingin terbang ke Australia menggunakan maskapai penerbangan yang teregistrasi di Indonesia, Batik Air.

Menurut rencana, Batik Air akan terbang ke Perth dari Jakarta dan Denpasar. Akan tetapi, rute penerbangan Denpasar-Perth memiliki persaingan yang sangat ketat, khususnya datang dari maskapai penerbangan berbiaya rendah yang sudah mendapatkan tempat di pasar penerbangan Indonesia-Australia, membuat Batik Air sangat mungkin kesulitan bersaing di rute penerbangan ini. Indonesia AirAsia, Jetstar, dan mulai awal 2016 Tigerair Australia (menggantikan Virgin Australia) melayani rute penerbangan Denpasar-Perth bersama dengan maskapai penerbangan full service Garuda Indonesia.

Selain Seoul dan Perth, Batik Air juga mengincar pembukaan penerbangan ke Shanghai di China. Penerbangan ke Shanghai akan dilayani dari Denpasar dan Balikpapan. Denpasar-Shanghai merupakan rute penerbangan wisata yang populer, sementara rute penerbangan Balikpapan-Shanghai memiliki potensi permintaan dari kalangan pebisnis, khususnya pebisnis dari sektor minyak dan gas. Lagi-lagi Jakarta tidak menjadi pilihan bagi Batik Air dalam melayani penerbangan ke Shanghai karena keterbatasan jarak jangkau pesawat yang dimilikinya.

Foto: Yulianus Liteni/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

1 Comment

  1. Perlahan2 namun pasti.Biarpun saat ini Batik air belum mendapatkan kesempatan untuk terbang ke Eropa,namun kelak dengan semakin banyaknya rute penerbangan International yg dimiliki oleh Batik Air,dengan tingginya tingkat keselamatan yg dimiliki oleh Batik Air,dengan meningkatnya fasilitas dan pelayanan yg diberikan oleh Batik Air….Insya Allah pada suatu hari nanti Batik Air akan dipercaya untuk terbang ke Eropa.

Leave a Reply