Batam Aero Technic Raih Sertifikasi FAA



Foto: Dok. LionAir Group

Batam Aero Technic berhasil menyelesaikan audit manajemen keselamatan dan keamanan oleh otoritas penerbangan sipil  Amerika Serikat, FAA (Federal Aviation Administration).  Sebagai base maintenance atau pusat perawatan seluruh armada pesawat Lion Air Group, kini BAT (Batam Aero Technic) telah memiliki sertifikasi dan spesifikasi operasi FAA 145, yang merupakan pengakuan tingkat global sebagai penyedia fasilitas dan perawatan dan perbaikan, serta perombakan. Dalam hal ini BAT mendapatkan sertifikasi dan spesifikasi operasi FAA 145 untuk Boeing 737.

Auditor dari FAA, Art J. Muzzicato dan Frank Baker, merasa sangat puas karena BAT dapat melewati serta menyelesaikan kunjungan inspeksi dari FAA yang melingkupi  operasional dalam hal mainternance, repair, dan overhaul (MRO). Hal ini  membuat Batam Aero Technic menjadi pusat perawatan dan perbaikan pesawat udara dengan standar dan kelas internasional untuk tipe pesawat Boeing 737, serta menjadi sarana dan fasilitas yang mencapai Heavy Maintenance Visits (HMV).

“Lion Air Group bersama dengan Batam Aero Technic kembali melanjutkan komitmennya dalam menjaga dan memprioritaskan faktor keselamatan dan keamanan dalam dunia penerbangan, kini lembaga regulator penerbangan sipil di Amerika Serikat, yaitu FAA  telah mengakui kami sebagai pusat perawatan dan perbaikan pesawat udara yang memiliki kompetensi kualitas internasional,” ujar I Nyoman Rai Pering, Direktur Utama Batam Aero Technic.

Pering menambahkan bahwa Batam Aero Technic akan terus melanjutkan kemajuan dalam hal praktik keselamatan dan perawatan penerbangan yang mencakup perbaikan mesin dan jenis armada pesawat lainnya untuk memberikan layanan MRO  kelas dunia dalam waktu dekat.

Sertifikasi FAA adalah tanda pengakuan global bahwa sebuah usaha MRO dapat memenuhi syarat untuk melakukan perawatan, perbaikan dan perombakan pesawat sipil.

Batam Aero Technic mulai beroperasi  tahun 2014 sebagai pusat perawatan dan perbaikan meliputi Aircraft Service, Engine Service, Landing Gear Service, dan Component Service, yang dibangun  Lion Air Group di atas lahan seluas 40.000 m2. Hingga saat ini hanggar BAT dapat menampung 12 pesawat narrow body dan 4 pesawat wide body secara bersamaan. MRO yang berada di bawah naungan Lion Air Group ini dapat mengakomodasi beberapa tipe pesawat seperti Boeing 737-300/400/500/600/700/800/900 ER, ATR 72-500/600, dan DHC 8. Nantinya, BAT juga akan  melayani pesawat  tipe A320 NEO dan CEO, A330, Boeing 737 MAX, dan Eurocopter E3135.

 

Be the first to comment

Leave a Reply