Bandara Soekarno-Hatta Bakal Dijadikan Sebagai Hub Internasional



PT Angkasa Pura Kargo yang notabene adalah Anak usaha PT Angkasa Pura II (Persero) ingin mengambil pasar kargo udara di Singapura untuk Indonesia dengan membangun cargo village sebagai hub internasional.

Denny Fikri, Presiden Direktur PT Angkasa Pura Kargo menyatakan menjadikan Bandara Soekarno-Hatta sebagai hub internasional menjadi visi PT Angkasa Pura II

Langkah awalnya bisa dengan mengarahkan kargo dari negara-negara sekitar Asia Tenggara disimpan di Indonesia. Hal ini juga diyakini dapat mengeratkan relasi antara Indonesia dengan negara Asia Tenggara lain.

“Jakarta sekarang sudah menjadi hub domestik, nanti ke depannya yang masuk ke Jakarta menjadi hub sehingga bisa diterbangkan kemana-mana lagi. Kita harapkan teknologi yang digunakan bisa lebih cepat, saat ini kita bersaing dengan Singapura, dan lain-lain,” jelas Denny.

Makanya, mekanisme kerja di cargo village berbasis teknologi itu diharapkan nantinya jauh lebih cepat ketimbang proses kerja kargo saat ini. Teknologi tersebut nantinya bisa didatangkan dari luar negeri ataupun diciptakan oleh sumber daya manusia dalam negeri.

Denny mengaku tak bermasalah menginvestasikan modal yang besar untuk teknologi selama bisa mengurangi harga pengiriman dan teknologi tersebut bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Dia pun menegaskan dalam kerjasam cargo village ini dengan beberapa stakeholder, utamanya harus mempertimbangkan para maskapai penerbangan (airlines) yang membutuhkan support agar berkenan membawa kargonya ke Indonesia.

Foto: Joe Roland S Bokau / Indo-Aviation.com