Bandara Kulonprogo Akan Menjadi Bandara Kelas Dunia



Bandara Kulonprogo atau New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta akan menjadi bandara terpadu dan berkelas dunia, di mana nantinya bandara ini akan memanjakan penumpang dan ramah terhadap warga sekitar.

Menurut Direktur Teknik PT. Angkasa Pura I, Polana, Bandara NYIA akan mengusung konsep yang berbeda, yaitu konsep aerocity, di mana konsep ini nantinya akan tersedia kawasan terpadu pada radius 5 kilometer yang dilengkapi berbagai fasilitas. Selain pemukiman warga, akan tersedia juga sekolah, kampus, rumah sakit, logistic park dan argoville.

Bandara ini juga membawa konsep intermoda yang menggabungkan tiga transportasi massal sekaligus. “Akan terintegrasi dengan kereta dan angkutan darat lainnya,” ujarnya. Konsep intermoda ini dikembangkan untuk mempermudah arus penumpang ataupun barang. Nantinya, akan dibangun underpass KA dengan terminal kargo yang memadai.

“Target Maret 2019 bandara ini harus sudah dioperasionalkan,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di sela-sela groundbreaking NYIA bertajuk “Babat Alas Nawung Krida” di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo.

Pembangunan NYIA dibagi menjadi dua tahap. Pada tahap pertama, NYIA akan memiliki landasan pacu sepanjang 3.250 meter dan lebar 60 meter. Kemudian luas terminal sebesar 130.000 meter persegi yang diharapkan mampu menampung 14 juta penumpang. Pada tahap selanjutnya, landasan pacu akan diperpanang hingga 3.600 meter dan luas terminal ditingkatkan menjadi 150.000 meter persegi.

“Semua pesawat besar bisa mendarat, termasuk pesawat berbadan lebar,” ujar Budi.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply