Bandara Internasional Soekarno-Hatta Catat Rekor Baru Jumlah Penumpang




Direktur Utama PT Angkasa Pura 2 (kanan). Foto: Dok. PT. Angkasa Pura 2.

PT Angkasa Pura II (Persero) melalui Kantor Cabang Utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta mencatat sepanjang 2017, jumlah penumpang mencapai 63,015,620 jiwa. Angka tersebut naik 8 persen jika dibandingkan dengan tahun 2016 yang  hanya  58,195,484 penumpang.

Adapun lonjakan paling tajam terjadi pada penumpang rute internasional yang mencapai 12 persen jika dibandingkan tahun 2016. Pada tahun 2016 penumpang Internasional sebanyak 13,131,035 penumpang. Pada 2017 tembus mencapai 14,718,973 penumpang.

Sedangkan penumpang domestik mengalami kenaikan sebesar 7 persen. Pada tahun 2016 jumlah penumpang sebanyak 45,064,449 penumpang. Sedangkan pada 2017 menembus 48,295,647 penumpang.

Senada dengan jumlah penumpang, total pergerakan pesawat pada tahun 2017 pun mengalami kenaikan drastis mencapai 8 persen jika dibandingkan 2016. Dari sebelumnya 413,781 pergerakan, menjadi 447,390 pergerakan.

Menurut Executive General Manager Kantor Utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta, M Suriawan Wakan, bahwa hal tersebut terjadi karena PT Angkasa Pura (Persero) terus menjalin kerjasama dengan airlines dan Kementerian Pariwisata. Selain itu lonjakan tersebut terjadi karena komitmen PT Angkasa Pura II (Persero) untuk terus meningkatkan operasional dan service excellent di bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia itu. Sebab, Bandara Soekarno-Hatta telah mempersiapkan operasional infrastruktur dengan tersistem. Baik disisi udara, maupun di sisi darat, serta terminal yang tentunya didukung dengan SDM yang kompeten.

“Ini karena seiring dengan implementasi program smart airport yang terus berkelanjutan, sehingga membuat efisiensi dan efektifitas operasional yang semakin meningkat,” ujar Wakan, Sabtu 6 Januari 2018 di Jakarta.Ia juga menambahkan bahwa kehadiran sektor penunjang pada bandara, seperti beroperasinya layanan transportasi kereta layang (skytrain) dan kereta bandara juga memberi peran cukup baik dalam mentransformasi interaksi  penumpang di Bandara Soekarno-Hatta.