Bandara Internasional Dubai Jadi Bandara Tersibuk di Dunia



Untuk penerbangan internasional tahun 2016, Bandara Internasional Dubai menjadi airport paling sibuk di dunia. Tercatat, di bandara ini ada kenaikan jumlah pelancong sebesar 7,2 persen menjadi 83,6 juta orang.

Dari pernyataan otoritas bandara tersebut, seperti dilansir AFP, per Desember, jumlah penumpang yang melintas di bandara Dubai mencapai 83.654.250 orang. JUmlah tersebut naik dari periode yang sama pada tahun 2015 dengan 78.014.838 orang. Hal itu menempatkan bandara yang merupakan pusat dari maskapai Emirates ini menjadi airport paling sibuk di dunia sejak tahun 2014.

“Dengan prediksi kami sebesar 89 juta penumpang pada 2017, maka Bandara Dubai akan menutup kesenjangan dengan bandara Atlanta dan Beijing yang menempati posisi teratas dalam lalu lintas penerbangan secara keseluruhan,” kata Chief Executive Bandara Dubai Paul Griffiths dalam pernyataan tertulisnya.

Kapasitas tahunan juga bakal diperluas pihak bandara untuk 90 juta penumpang dengan pembukaan concourse baru pada Februari mendatang. Concourse adalah suatu terminal di bandara di mana penumpang bisa berpindah antara transportasi darat, lengkap dengan fasilitas yang memungkinkan penumpang menaiki dan meninggalkan pesawat.

Di terminal tersebut penumpang membeli tiket, menitipkan bagasinya, dan diperiksa pihak keamanan. Griffiths mengatakan, pada saat itu, Bandara Dubai memperkirakan akan mendapat 85 juta penumpang pada tahun 2016.

Foto: http://www.alec.qa