Bandara Dubai Dilengkapi Teknologi Boarding Baru



Bandara Dubai. Foto: Dubai Airports.
Bandara Dubai. Foto: Dubai Airports.

Bandara Dubai (DXB) terus menyempurnakan teknologi baru untuk meningkatkan layanan dan mempercepat peningkatan kapasitas terminal. Dengan teknologi baru itu, pengelola bandara berharap dapat meningkatkan kapasitas terminal hingga 118 juta pada tahun 2023. Salah satu sistem yang tengah diterapkan adalah penggunaan Intelligent Traffic System yang mengoptimalkan koordinasi angkutan bus yang mengantarkan penumpang dari terminal 2 keberangkatan ke pesawat.

“Ini adalah yang pertama kali dilekukan di DXB. Teknologi ini baru pertama kali diimplementasikan dan digunakan sesuai tujuannya,” kata Bryan Thompson, Senior Vice President – Development at Dubai Airports. “Sistem ini aman dari kegagalan, dan merupakan solusi otomatis yang mengkoordinasikan jadwal bus sehingga menurunkan waktu tunggu bagi penumpang yang akan berangkat,” demikian Bryan Thompson seperti dikutip Emirates 24/7.

Baca juga: Bandara Internasional Dubai Jadi Bandara Tersibuk di Dunia

Lebih lanjut dijelaskan, sistem baru itu juga meningkatkan operasional bus-bus sehingga menjadi lebih efisien. Setiap bus kini dapat mengangkut lebih dari 60 penumpang per perjalanan dibandingkan sebelumnya yang hanya 40 penumpang. Dengan begitu sistem diprediksi dapat menurunkan jumlah lalu lintas perjalanan bus hingga 20 persen. Penurunan itu pun berdampak pada penurunan konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang, terlebih pada masa peak hours.

Foto: Dubai Airports

Be the first to comment

Leave a Reply