Bandara Baru Beijing Miliki Tujuh Runway, Kapasitas 100 Juta Penumpang



China saat ini sedang mengembangkan bandara baru di Beijing dengan wilayah yang berada di distrik Daxing. Bandara baru ini diperkirakan akan menjadi hub penerbangan terbesar di dunia karena memiliki tujuh landasan pacu (runway) dan mampu melayani hingga 100 juta penumpang per tahun. Beijing Daxing International Airport akan melengkapi Beijing Capital International Airport yang sudah ada saat ini.

Wang Baoling, developer yang membangun bandara baru Beijing mengatakan di China Design Festival, memastikan bahwa untuk pembangunan fase pertama bandara ini akan selesai pada tahun 2019 dengan total empat runway yang mampu mengakomodasi hingga 45 juta penumpang per tahun. Pembangunan bandara akan terus dilanjutkan di fase kedua yang meningkatkan kapasitas menjadi 72 juta penumpang per tahun pada 2025. Setelah itu pembangunan tahap akhir akan selesai pada tahun 2040 dengan total kapasitas 100 juta penumpang per tahun.

Saat ini pembangunan bandara sudah dimulai dengan arsitek Zaha Hadid. Desain yang ada pada bandara baru Beijing memungkinkan bagasi bisa diangkut dari dan menuju bandara hanya dalam waktu 13 menit, sedangkan penumpang hanya perlu berjalan dari area imigrasi ke arah ruang tunggu selama delapan menit.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply