Bandara Antisipasi Puncak Kedatangan Kontingen Asian Games 2018



Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Rini M Soemarno meninjau persiapan penyambutan kontingen Asian Games 2018 dengan berkunjung ke Posko Utama AP II.

H-3 sampai dengan H-1 atau pada 15-17 Agustus diprediksi sebagai waktu puncak kontingen Asian Games 2018 tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, dan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang. Pihak PT Angkasa Pura (AP) II sebagai pengelola dua bandara tersebut menyatakan sudah mengantisipasi dan siap menyambut kedatangan mereka.

Menteri BUMN Rini M Soemarno dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi kesiapan AP II tersebut. “Saya tadi mendengar dan melihat paparan dari AP II, juga sempat berkomunikasi dengan posko di Palembang. Ternyata kesiapan penyambutan kontingen Asian Games sudah sangat baik,” kata Rini, usai mengunjungi Posko Utama Asian Games 2018 AP II di Terminal 1 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Sabtu (11/8/2018).

Rini mengingatkan, “Asian Games merupakan perhelatan internasional bangsa Indonesia. Karena itu, kita harus berupaya memberikan dan melayani kontingen secara baik mengingat bandara adalah jendela bangsa yang akan memberikan kesan pertama kepada kontingen negara lain, juga wisatawan yang datang. Semua kontingen harus dilayani dengan baik dan jaga tetap terlayani dengan baik pada puncak kedatangan mereka pada H-3 sampai H-1.”

Menurut Rini, layanan yang baik diharapkan berdampak positif bagi prestasi atlet Indonesia. “Kita berharap prestasi atlet-atlet kita akan bisa sangat sangat sangat baik dalam Asian Games,” ujarnya. Budi pun menambahkan, “Saya pikir kita harus memberikan yang terbaik untuk event internasional ini.”

Sebelumnya, Direktur Utama PT AP II, Muhammad Awaluddin ketika menyambut kunjungan kedua menteri tersebut menegaskan, “Perkiraannya, pada H-3 sampai H-1 merupakan hari puncak kedatangan peserta Asian Games. Kami sudah antisipasi dengan melakukan persiapan sebaik-baiknya demi kelancaran arus kedatangan mereka.”

Demi kelancaran penyambutan delegasi Asian Games, Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan pun mengawasi persiapan yang sudah dilakukan AP II. “Kami sudah cek kesiapan Bandara Soekarno-Hatta dan bandara di Palembang. Infrastruktur sudah siap. Kami juga melakukan beberapa peninjauan, termasuk arus kedatangan delegasi,” kata Pramintohadi Sukarno, Plt Dirjen Perhubungan Udara.

Pramintohadi juga mengatakan, pengawasan dilakukan pada Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan utama yang akan membawa kontingen dari Jakarta ke Palembang dan sebaliknya. Akan ada sekitar 15.000 peserta delegasi yang hadir, 3.500 di antaranya akan datang ke Palembang.

“Dari H-10 sebagian delegasi sudah datang dan bisa ditangani dengan baik dan cepat. Kami juga sudah koordinasi dengan CIQ (bea cukai, imigrasi, karantina) dengan mengadakan line khusus. Semua dalam kondisi siap. Kami juga cek flow di Palembang, delegasi sudah menggunakan LRT,” papar Pramintohadi, seraya menambahkan bahwa ada tambahan 206 penerbangan internasional dan 32 penerbangan domestik yang membawa delegasi Asian Games 2018.

Be the first to comment

Leave a Reply