Badai Megi: Otoritas Cina Batalkan Penerbangan



Otoritas penerbangan Cina membatalkan puluhan penerbangan saat badai Megi mencapai Provinsi Fujian di selatan, Rabu 28/9. Keputusan itu diambil setelah menimbang tingkat kecepatan angin akibat badai yang mendekati 120km per jam. Demikian dilaporkan kata kantor berita Xinhua.

Megi, yang telah menewaskan empat orang dan melukai lebih dari 523 orang di Taiwan sejak kemunculannya dari Pasifik, mencapai daratan pada pukul 04.40 pagi. Pejabat Cina pun telah mengeluarkan peringatan ancaman cuaca tingkat tiga akibat kemunculan badai itu. Sejumlah nelayan telah dipanggil pulang dan sejumlah orang telah diungsikan dari tepian pantai. Xinhua mengatakan lebih dari 120 ribu orang, yang bekerja di dekat pantai atau laut, dipindahkan oleh pemerintah Fujian. Lebih dari 14.700 orang diungsikan di Taiwan, sementara jutaan lagi mengalami pemutusan aliran listrik dan ratusan ribu rumah tanpa pasok air.

Perusahaan penerbangan China Southern Airlines mengatakan telah membatalkan 24 penerbangan mulai Selasa kemarin seiring kedatangan Megi ke daratan.

Foto: Yulianus Liteni / Indo-aviation.com